Persiapan Kurang, Mental Lemah, Engkel Sakit, Tapi Lolos ke Babak 2

KalbarOnline.com – Seburuk dan sepayah apapun kondisi seorang atlet, kemenangan tetaplah sebuah jaminan kala Dewi Fortuna sudah berpihak. Hal ini yang kurang lebih terjadi pada pebulu tangkis India Sameer Verma di babak pertama leg kedua Thailand Terbuka 2021, Selasa (19/1).

Berlaga melawan pemain muda tangguh Malaysia Lee Zii Jia, Sameer betul-betul bermain di bawah tekanan lantaran persiapannya yang kurang. Melawan musuh yang jauh lebih siap, Sameer harus kehilangan gim pertama dengan skor 18-21.

Masuk awal gim kedua, keadaan bertambah buruk lantaran engkelnya sakit. Kondisi ini langsung membuat mentalnya semakin drop. Ia sempat tertinggal jauh dengan skor 6-17.

“Kondisi mental dan persiapanku sangatlah tidak bagus. Di gim kedua, pergelangan kakiku sakit, dan ini membuatku semakin tidak percaya diri saat jeda interval,” ujar Sameer, dilansir dari laman BWF.

Tertinggal 9 angka dari lawan yang hanya butuh 4 angka lagi untuk menang, Sameer nyaris putus harapan. Namun, ia tetap mendengarkan petuah dari pelatihnya.

Baca Juga :  Lalui Babak Pertama Denmark Terbuka, Kidambi Masih Butuh Penyesuaian

“Pelatih memintaku untuk terus fokus dan tetap bermain dengan gayaku sendiri. Semuanya tergantung pikiran,” ujar Sameer.

Ajaib, kekalahan yang sudah berada di ambang mata justru berbalik ke Zii Jia. Perlahan tapi pasti, Sameer terus merangkak naik dengan terus memanfaatkan celah yang dibuat oleh Zii Jia. Menyamakan kedudukan 20-20, Sameer terus memaksa Zii Jia bertekuk lutut hingga akhirnya ia merebut gim kedua dengan skor 27-25.

Baca Juga :  MUI Sebut DPR Tidak Seperti Wakil Rakyat Karena Sahkan RUU Ciptaker

Kemenangan tak terduga pun membuat Sameer kian percaya diri di gim penentu. Mengendalikan jalannya laga sejak awal, Sameer akhirnya berhak melaju ke babak kedua usai menutup laga dengan skor 21-19.

Ditanya soal persiapannya yang kurang, Sameer menuturkan bahwa sampai saat ini ia masih digelayuti rasa was-was akan pandemi Covid-19. Dengan kondisi pikiran yang tidak stabil, Sameer yakin ia tidak akan bisa bertahan lama di Thailand Terbuka 2021. Ia bahkan sudah membeli tiket untuk pulang ke India pada hari Kamis besok.

Namun, kemenangan ini memberinya energi baru. “Hasil ini jelas akan membuat aku lebih percaya diri di pertandingan berikutnya,” ujar Sameer.

Comment