by

Terpilih jadi Ketua KY, Mukti Fajar Pastikan Perkuat Sinergisitas

KalbarOnline.com – Mukti Fajar Nur Dewata dan M. Taufiq HZ terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) periode Januari 2021- Juni 2023. Mukti Fajar dan M. Taufiq berhasil mendapatkan suara terbanyak dalam voting rapat pleno terbuka pemilihan Pimpinan KY, Senin (18/1).

“Sesuai dengan laporan Plt. Sekjen, seluruh Anggota KY telah hadir dalam Rapat Pleno Terbuka KY. Oleh karena Itu, kuorum telah terpenuhi dan sesuai ketentuan Pasal 4 ayat (1) Peraturan KY RI No.3 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemilihan Pimpinan KY,” kata Ketua KY sementara, M. Taufiq HZ bertindak sebagai pimpinan rapat yang disiarkan secara daring, Senin (18/1).

Rapat pleno terbuka dilakukan dalam dua tahap, yaitu pemilihan Ketua KY dan dilanjutkan dengan Wakil Ketua KY. Sebelum penghitungan suara, tujuh Anggota KY memberikan pernyataaan penyampaian kesediaan dan ketidaksediaan untuk dipilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua KY.

Calon yang bersedia dipilih menjadi Ketua KY adalah Amzulian Rifai, Joko Sasmito dan Mukti Fajar Nur Dewata. Sementara calon yang bersedia untuk Wakil Ketua KY adalah Joko Sasmito, Binziad Kadafi dan M. Taufiq HZ.

Sementara itu, dari total tujuh Anggota KY yang memberikan suara untuk Ketua KY, Mukti Fajar Nur Dewata berhasil mengantongi empat suara dan Amzulian Rifai mengantongi tiga suara. Sedangkan untuk Wakil Ketua KY, M. Taufiq HZ memperoleh empat suara mengungguli Binziad Kadafi yang memperoleh tiga suara.

Dengan demikian, Mukti Fajar Nur Dewata dan M. Taufiq HZ terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua KY paruh waktu I periode Januari 2021- Juni 2023.

Dalam sambutannya, Ketua KY terpilih Mukti Fajar Nur Dewata menyampaikan, Pimpinan dan Anggota KY akan bersungguh-sungguh bekerja dengan profesional dan proporsional sesuai dengan jabatan yang diberikan.

BACA JUGA:  Jaja Titip Banyak PR, 7 Anggota KY Periode 2020-2025 Resmi Bertugas

“Pertama, dari sisi internal, kami akan melakukan optimalisasi organisasi dengan melaksanakan reorganisasi dan reformasi birokrasi agar bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ucap Mukti.

Baca juga: Jaja Titip Banyak PR, 7 Anggota KY Periode 2020-2025 Resmi Bertugas

Mukti menegaskan, di bawah kepemimpinannya, KY akan memperkuat sinergisitas dengan lembaga-lembaga, khususnya Mahkamah Agung (MA) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Serta kementerian dan lembaga lain untuk penguatan kerja sama demi peradilan lebih baik, kredibel dan terpercaya.

“Kami tidak mungkin mampu menyelesaikan pekerjaan di KY sendiri. Kami meminta dukungan dan solidaritas dari seluruh jajaran staf di KY agar kita mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa,” pungkas Mukti.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment