Presiden Jokowi Pantau Banjir di Banjar dari Atas Jembatan

KalbarOnline.com–Presiden Joko Widodo memantau dari atas jembatan di tengah bencana banjir di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, pada Senin (18/1) siang.

Presiden tak bisa menyusuri sungai di tengah banjir seperti dijadwalkan lantaran hujan deras ketika kepala negara tiba. Presiden dan rombongan tiba sekitar pukul 13.26 wita di Kecamatan Martapura Timur dan disambut hujan deras. Sehingga, agenda memantau banjir menggunakan perahu karet milik Marinir yang bersiap di bawah jembatan dibatalkan.

Menggunakan payung, Jokowi kemudian berjalan menuju sisi timur jembatan menemui masyarakat seiring hujan mereda dan sempat membagikan paket sembako. Dari Jembatan Pekauman Ulu, Presiden mendatangi Jembatan Banua Anyar di Kecamatan Astambul yang rusak diterjang banjir hingga memutus akses jalan nasional lintas provinsi itu.

Baca Juga :  Pemerintah Tonjolkan Angka Kesembuhan Covid-19, Begini Respons Pakar

Setelah dari jembatan Banua Anyar, Presiden melanjutkan perjalanan mengunjungi posko pengungsian di Stadion Demang Lehman Martapura melihat langsung kondisi warga.

Sementara itu, Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair) Komando Armada II dikerahkan TNI Angkatan Laut untuk membantu penanganan banjir di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel). Kopaska dengan Dantim Letda Laut (S) Rahmad Hadi Mulyono itu membantu pelaksanaan SAR sampai kondisi benar-benar kondusif.

”Tim SAR Pangkalan TNI AL Banjarmasin mendapat bantuan personel dan material dari Satuan Kopaska dan Dislambair Koarmada II sebanyak lima unit perahu karet bermotor tempel,” ujar Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga :  3 Indonesia Luncurkan Platform Baru Buat Para Penggemar Mobile Gaming

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono juga telah mengirimkan 1.000 paket bantuan bahan makanan dan sembako untuk didistribusikan Lanal Banjarmasin kepada masyarakat yang korban banjir. Kolonel Marinir Nur Azis sebagai Dansatgas SAR Pangkalan TNI AL Banjarmasin menyerahkan secara simbolis bantuan dari Kasal kepada posko waspada banjir di Stadion Demang Lehman Martapura dan Posko Satgas banjir di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

”Tim dari Pangkalan TNI AL Banjarmasin juga menyalurkan bantuan dari Kasal kepada masyarakat yang terisolasi banjir di pedalaman, sehingga dapat membantu di sana juga,” kata Nur Azis.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment