Satgas: Ada yang Bilang, usai Divaksin, Ukuran Alat Vital Bertambah

KalbarOnline.com – Upaya penanggulangan Covid-19 di Indonesia memasuki babak baru. Pada 13 Januari 2021, pemerintah mulai melaksanakan vaksinasi untuk memutus mata rantai penularan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2.

Presiden Joko Wododo, pejabat pemerintah pusat dan daerah, pemuka agama, tokoh masyarakat, hingga selebritas seperti Raffi Ahmad termasuk dalam kelompok orang yang pertama mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac, perusahaan farmasi asal Tiongkok.

Di Sumatera Barat, vaksinasi Covid-19 mulai dilaksanakan pada 14 Januari 2021. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dijadwalkan menjalani vaksinasi, namun batal karena ada kendala kesehatan. Kondisi serupa terjadi pada Wali Kota Padang Mahyeldi.

Vaksinasi Covid-19 terhadap para pejabat, pemuka agama, pemuka masyarakat, dan selebritas tidak langsung menghentikan pro dan kontra yang mengemuka di kalangan masyarakat mengenai vaksin Covid-19.

Dalam Diskusi Pangilun yang digelar secara virtual oleh Keluarga Besar Perhimpunan Pelajar Islam Sumatera Barat di Padang pada 16 Januari 2021, pertanyaan-pertanyaan seputar keamanan vaksin dan keraguan mengenai pilihan vaksin mengemuka.

Pada acara diskusi mengenai kontroversi dan disinformasi perihal vaksinasi Covid-19 itu, muncul pertanyaan seperti apakah vaksin yang digunakan sudah pasti aman, apakah vaksin yang diberikan kepada Presiden dan para pejabat sama dengan vaksin untuk rakyat biasa, serta mengapa pemerintah memilih menggunakan vaksin buatan Tiongkok.

Selain itu mengemuka pula pertanyaan mengenai berapa lama vaksin Covid-19 bisa melindungi tubuh serta mengapa ibu hamil dan menyusui dan penderita penyakit berat tidak boleh divaksin.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa sebagian warga belum memahami mekanisme vaksinasi dan kebijakan pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi untuk menanggulangi penularan Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat Jasman Rizal berpendapat, pro dan kontra perihal vaksinasi Covid-19 muncul karena warga terlalu banyak membaca informasi yang beredar di media sosial, yang tidak semuanya bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. ’’Sebenarnya vaksin atau imunisasi itu hal biasa dan sudah ada sejak lama, namun karena penerimaan masyarakat terhadap berita dan menyaring informasi tidak sama akhirnya terjadi gonjang ganjing,’’ kata dia, seperti dilansir dari Antara.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat itu mengatakan bahwa disinformasi masih terjadi meski pemerintah sudah melakukan sosialisasi mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19. ’’Ada yang mengatakan setelah vaksin akan lumpuh, bahkan ada yang bilang berbulu badannya atau alat vital ukuran bertambah. Di sini diminta kecerdasan masyarakat memilah informasi yang ada,’’ katanya.

Baca Juga :  Vaksin Covid-19 Hanya Bertahan 6 Bulan

Ia mengemukakan pentingnya warga mengedepankan logika dan rasionalitas dalam membaca informasi perihal vaksin. ’’Vaksin adalah persoalan sederhana, manusia sejak bayi sudah divaksin tapi tidak ada yang ribut, jadi kalau menerima informasi apapun ditelaah dulu,’’ ujarnya.

Guna meyakinkan masyarakat yang sebagian mengalami kebingungan akibat simpang siur informasi yang beredar mengenai vaksinasi Covid-19, para pejabat pemerintah, pemuka agama, pemuka masyarakat, dan selebritas dimasukkan dalam deretan penerima pertama vaksin. Jasman termasuk dalam kelompok orang yang pertama divaksin di Sumatera Barat.  ’’Yakinlah, pemerintah tidak akan mungkin mencelakakan masyarakat. Kalau soal status halal, MUI sudah menyatakan halal, dan saya ikut ulama,’’ tegasnya.

Cara Kerja Vaksin

Menurut informasi yang disiarkan di laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat, tipe vaksin yang berbeda bekerja dengan cara yang berbeda dalam memberikan perlindungan.

Kendati demikian, vaksin-vaksin tersebut membuat tubuh memiliki suplai sel memori berupa sel limfosit T dan sel limfosit B yang mengingat cara untuk melawan virus tersebut.

Baca Juga :  Respons Kemenag Saat Perceraian Marak di Era Pandemi

’’Pada fase awal, ketika vaksin masuk ke tubuh manusia, antibodi akan terbentuk dan bertahan selama empat sampai enam bulan namun sel memori sebagai pengingat akan tetap ada,’’ kata ahli kedokteran Universitas Andalas Dr Andani Eka Putra.

Butuh beberapa pekan bagi tubuh untuk menghasilkan sel limfosit T dan sel limfosit B, karenanya ada kemungkinan orang bisa terinfeksi virus beberapa saat sebelum atau sesudah vaksinasi dan kemudian sakit karena vaksin tidak punya cukup waktu untuk memberikan perlindungan.

Andani, yang menjabat sebagai Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, mengemukakan bahwa vaksinasi merupakan bagian dari upaya penanggulangan Covid-19.

Ia yakin, vaksin Covid-19 yang digunakan pemerintah dalam vaksinasi aman karena telah melalui pengujian keamanan. ’’Kalau ditanya apakah vaksin aman saya akan katakan Insya Allah aman karena sudah melewati fase I dan II. Sejak uji fase I dan II keamanan vaksin sudah bisa terlihat,’’ katanya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI), ia melanjutkan, juga sudah mengeluarkan fatwa mengenai kehalalan vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang digunakan pemerintah dalam vaksinasi tahap pertama. ’’Saya tidak terlalu pusing memikirkan ini. Kalau pun ternyata ada kandungan zat yang tidak halal, saya memutuskan tetap melakukan vaksin dengan pertimbangan dalam keadaan darurat,’’ terangnya.

Mengenai efek samping vaksinasi Covid-19, ia mengemukakan bahwa semua vaksin punya efek samping. ’’Jangan katakan vaksin tidak ada efek samping. Yang paling ringan adalah rasa sakit saat disuntik, lalu ada efek gatal, bengkak, merah, mual, dan sakit kepala. Bahkan untuk efek samping berat bisa pingsan,’’ katanya. ’’Yang diantisipasi adalah penanganannya,’’ tambahnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment