Mandalika Siap Jadi Sport Tourism Unggulan di Indonesia

KalbarOnline.com–The Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, siap menjadi sport tourism unggulan di Indonesia.

”Kawasan The Mandalika sangat lengkap. Bisa disiapkan untuk olahraga apapun dan siap menjadi destinasi sport tourism unggulan di Indonesia,” kata Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer seperti dilansir dari Antara saat menemani kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di The Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Sabtu (16/1).

Abdulbar menyatakan, selain MotoGP dan WSBK, lanskap The Mandalika cocok untuk olahraga menikmati alam di mana ada 5 pantai, bukit, dan gunung yang bisa digunakan untuk treking serta kegiatan olahraga paralayang.

”Bahkan, Kemenpora pun sudah menyetujui membangun Mandalika Sports Complex. Jadi, kami sangat welcome apabila Kemenparekraf dan komunitas olahraga lain ingin memanfaatkan fasilitas The Mandalika,” ujar Abdulbar M. Mansoer.

Abdulbar mengaku optimistis The Mandalika dapat menjadi destinasi sport tourism unggulan baru di Indonesia dan semakin banyak penyelenggara event olahraga akan memilih The Mandalika sebagai venue kegiatan.

Baca Juga :  4 Pencuri dan 1 Penadah Bollard Ditangkap, Polisi: Alibinya Judi Slot, Faktanya Untuk Konsumsi Narkoba

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan, arahan presiden agar MotoGP 2021 siap dan dapat berlangsung. Seluruh infrastruktur agar diselesaikan tepat waktu dan event tahun ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol Covid-19 yang ketat.

”Kita harus all out untuk event ini,” ucap Sandi.

Menparekraf Sandiaga Uno bersama jajaran Kemenparekraf meninjau kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) The Mandalika yang dikembangkan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), yakni BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, NTB, pada Jumat dan Sabtu (15-16/1).

Dalam kunjungan itu, Menparekraf bersama rombongan ditemani Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Forkopimda NTB, dan Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, serta Direktur Teknik dan SDM ITDC Taufik Hidayat. Selain mengadakan perbincangan dan diskusi mengenai progres pembangunan The Mandalika, Menparekraf juga mengunjungi Masjid Nurul Bilad, bakal lokasi pembangunan Creative Hub, Kuta Beach Park, serta Bazaar Mandalika.

Baca Juga :  Biaya Infak Calon Jamaah Haji Naik

Tahun ini, ada dua event internasional olahraga yang telah masuk Calender of Event Provinsi NTB yaitu balap motor MotoGP atau IndonesianGP dan balap sepeda internasional L’Etape yang merupakan bagian dari Tour de France.

IndonesianGP yang digelar di The Mandalika diperkirakan dapat menarik penonton hingga mencapai 160 ribu orang, sementara L’Etape Indonesia by Tour De France yang menjadikan The Mandalika sebagai salah satu jalur lintasannya, akan diikuti sekitar 2.500 peserta yang berasal dari 15 negara.

Beberapa tahun terakhir, The Mandalika juga telah menjadi venue sejumlah event olehraga antara lain, TNI Marathon yang mengundang ribuan pengunjung dan atlet tingkat nasional maupun internasional, event paralayang Trip of Indonesia (TROI) di Kuta Beach Park, motor cross (trabas) di area Pantai Seger, Mandalika Offroad Championship, dan baru-baru ini event kompetisi surfing internasional yang berlangsung di Pantai Seger.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment