27 Sekolah di Sulbar Rusak Akibat Gempa, Kemendikbud Kirim Bantuan

KalbarOnline.com – Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 besar mengguncang Kabupaten Mamuju Majene, Provinsi Sulawesi Barat pada Jumat (15/1) dini hari. Mengetahui hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan bagi para satuan pendidikan yang terkena dampak gempa.

Kemendikbud saat ini telah membuka Posko di dua lokasi, yakni Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUDDIKMAS) di Kabupaten Mamuju dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Kabupaten Majene.

Pelaksana tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Hendarman mengatakan , terdata 10 sekolah di Kabupaten Majene, 14 sekolah di Kabupaten Mamuju, serta 3 sekolah di Kabupaten Mamasa. Kondisi sekolah terdampak gempa telrihat dalam keadaan rusak berat, sedang dan ringan.

Baca Juga: Risma Siapkan 6.000 Nasi Bungkus Per Hari Untuk Korban Gempa Sulbar

“Kemendikbud saat ini masih mendata sekolah yang terdampak gempa,” ujar Hendarman melalui keterangan resmi, Sabtu (17/1).

Baca Juga :  Penolakan Abdul Mu’ti Jadi Wamendikbud Harus Jadi Perhatian Jokowi

Di Kabupaten Mamuju, lima sekolah dengan kondisi kerusakan kategori ringan yakni SDN Inp. Tajimane, SDN 2 Tapalang, SDN Serang, SDN Taan Galung dan SMPN 3 Mamuju. Sedangkan tiga sekolah dengan kondisi kerusakan kategori sedang, yakni SDN Inp. Kasambang, SMPN 2 Tapalang, dan SMAN 2 Tapalang. Sekolah dalam kondisi rusak berat yakni SMKN 1 Rangas, SMPN 2 Mamuju, TK Pembina Terpadu, TK Alquba Kasiwa, TK Aisyah Axuri dan TK Anggrek Pampioang.

Sementara itu, di Kabupaten Majene terdapat lima sekolah dengan kondisi kerusakan kategori berat antara lain TK Pertiwi Malunda, SDN 18 Inp. Banua, SDN 004 Mekatta, SMKS Bunga Bangsa, dan SMKN 6 Majene. Dua sekolah dengan kerusakan kategori sedang adalah SDN 009 Sasende dan SDN 12 Inpres Pettabeang.

Tiga sekolah dengan kerusakan kategori ringan antara lain SDN 16 Tanisi, SMP 1 Malunda, dan SMAN 1 Malunda. Sedangkan Kabupaten Mamasa terdapat tiga sekolah dengan kondisi kerusakan kategori ringan, yakni SDN 008 Pangandaran, SDN 10 Baruru, dan SMPN 4 Aralle.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 Bisa Alami Efek Jangka Panjang Selama 1-3 Bulan

Kerusakan kategori berat akibat gempa antara lain bangunan sekolah dan dinding sebagian besar roboh. Sementara itu, untuk kategori sedang antara lain plafon sekolah jebol, atap roboh, ada beberapa dinding roboh dan retak sebagian. Untuk kategori ringan, plafon sekolah jebol, dinding retak, dan pagar roboh.

Hendarman mengatakan, Kemendikbud melalui LPMP dan BP PAUDDIKMAS Provinsi Sulawesi Barat telah turun ke lapangan untuk memberikan bantuan darurat kebutuhan pokok bagi para korban. Diantaranya makanan, pakaian, tenda darurat, dan peralatan belajar.

“Tim dari LPMP dan BP PAUDDIKMAS Sulawesi Barat langsung terjun ke lapangan untuk mendistribusikan bantuan pokok yang darurat bagi para korban,” tutur Hendarman.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment