Tertular Covid-19 Secara Lokal, Perempuan Singapura Batal ke Vietnam

KalbarOnline.com – Seorang perempuan sebagai ibu rumah tangga di Singapura berusia 57 tahun menjadi satu-satunya kasus Covid-19 yang ditularkan secara lokal pada Jumat (15/1). Kepastian itu diketahui saat dia melakukan tes pra-keberangakatan saat hendak terbang ke Vietnam.

Pasien itu saat ini tidak ditautkan dengan klaster manapun. Dia diuji pada Rabu (13/1). Hasilnya positif pada Kamis (14/1) dan dia dikirim ke Pusat Nasional untuk Penyakit Menular dengan ambulans.

Dilansir dari Straits Times, Sabtu (16/1), Kemenkes mengatakan bahwa tes reaksi berantai polimerase-nya menghasilkan nilai ambang batas siklus yang tinggi, yang menunjukkan viral load (jumlah virus) yang rendah. Hasil tes serologisnya juga positif, yang mengindikasikan kemungkinan infeksi di masa lalu.

Baca Juga :  Penanganan Covid-19 di Filipina Diragukan, Duterte: Bunuh Semua Pasien

Baca juga: Hanya Manjur 50,4 Persen, Singapura Masih Tunda Pakai Vaksin Sinovac

Kemenkes Kesehatan juga menambahkan tempat-tempat mana saja yang pernah dikunjungi pasien Covid-19. Seperti Downtown East, Compass One di Sengkang, Crowne Plaza Changi Airport, White Sands di Pasir Ris dan Raffles City Shopping Centre.

Kunjungan juga tercatat di Eastpoint Mall di Simei, CityLink Mall, Singapore Swimming Club, Heartbeat @ Bedok, dan Century Square dalam dua minggu pertama bulan Januari. Kementerian kesehatan juga mengumumkan pada hari Jumat bahwa ada 29 kasus impor, sehingga jumlah total kasus Covid-19 Singapura menjadi 59.059 orang.

Baca Juga :  42 Mahasiswa dan Dosen Positif Corona, Harisson Sebut Direktur Poltekkes Pontianak Abai

Mereka termasuk 13 pemegang izin kerja yang datang dari Bangladesh, India dan Myanmar, lima di antaranya adalah PRT asing. Ada juga warga Singapura dan lima orang penduduk tetap yang kembali dari Amerika Serikat, Inggris, dan India.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment