Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer, BNPB: Awas Bajir Lahar Dingin

KalbarOnline.com – Gunung Semeru kembali meletus, Sabtu (16/1/2021), pukul 17.48 WIB dan masih berlangsung hingga saat ini. Gunung api yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini meluncurkan awan panas dengan jarak luncur sekitar 4,5 kilometer (km).

Menurut laporan pengamatan visual sementara dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar. Sedangkan untuk hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin.

Baca Juga :  Viral Pria ‘Galon’ Nekad Berenang di Laut Balikpapan Mau Pulkam ke Malang, Begini Kisahnya

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, sampai saat ini, Gunung Semeru masih mengeluarkan awan panas. Titik awan panas ini terutama di sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan.

“Sore ini, jam 17.24 Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam cuitan di akun Twitter-nya.

Mengenai status gunung, saat ini Gunung Semeru masih berada pada level II atau ‘Waspada’ dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sedang melakukan evaluasi lebih lanjut.

Baca Juga :  Masyarakat Dihimbau Tak Berkerumun Saat Pencoblosan Pilkada

Sementara itu, masyarakat yang bermukim di sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan dan sekitarnya, BNPB mengingatkan agar waspada dalam menghadapi potensi bencana yang dapat ditimbulkan.

Selain itu, BNPB jugan meminta masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan agar tetap waspada dalam menghadapi adanya intensitas curah hujan yang tinggi, sebab hal itu dapat memicu terjadinya banjir lahar dingin. [rif]

Comment