Gempa Susulan Bermagnitudo 5,0 SR Kembali Guncang Majene

KalbarOnline.com – Paska gempa yang mengguncang Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat dini hari kemarin, (15/1/2021), gempa susulan kembali mengguncang Majene pagi ini, Gempa dilaporkan berkekuatan magnitudo 5,0 terjadi pukul 06:32:54 WIB.

Dilansir dari keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa memiliki lokasi 2.89 Lintang Selatan, 119.03 Bujur Timur atau 20 kilometer Timur Laut Mejene, Sulbar.

Gempa disebut memiliki kedalaman 10 kilometer dan tak berpotensi tsunami.

“#Gempa Mag:5.0, 16-Jan-21 06:32:54 WIB, Lok:2.89 LS,119.03 BT (20 km TimurLaut MAJENE-SULBAR), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG,” demikian tulis @infoBMKG.

Sebelumnya, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengingatkan potensi gempa susulan yang memicu tsunami di Sulawesi Barat. Diprediksi ada potensi gempa susulan yang lebih besar yang terjadi di Mamuju dini hari tadi.

“Perlu kami sampaikan pula bahwa pertama adalah masih ada potensi gempa susulan berikutnya yang masih kuat bisa mencapai kekuatan seperti yang sudah terjadi 6,2 atau sedikit lebih tinggi,” katanya dalam konferensi pers daring, Jumat (15/1/2021).

Dia mengingatkan, potensi terjadinya tsunami. Karena kondisi batuan sudah diguncang akibat gempa sebanyak 28 kali, serta pusat gempa di pantai. Memungkinkan terjadinya longsor bawah laut yang menjadi penyebab tsunami.

“Itu karena kondisi batuan digoncang 28 kali sudah rapuh dan pusat gempa di pantai memungkinkan terjadinya longsor ke dalam laut atau longsor bawah laut masih atau dapat pula berpotensi tsunami jika pusat gempa masih di pantai atau laut,” jelasnya.

Hingga saat ini, Data sementara dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), setidaknya 34 orang meninggal dunia dan lebih dari 600 orang luka-luka. [rif]

Comment