by

Pilih dari Pfizer, Singapura Segera Vaksin Lansia Lewat Pesan Online 

KalbarOnline.com – Sama seperti negara Barat yang sudah melakukan vaksinasi pada tenaga kesehatan dan lansia untuk gelombang awal vaksinasi Covid-19, Singapura juga akan mulai melakukan vaksinasi untuk lansia. Rencana itu dipercepat pada akhir bulan Januari. Sebelumnya padahal dikatakan akan dimulai bulan Februari.

“Para lansia akan mulai menerima vaksinasi Covid-19 lebih awal dari yang diharapkan mulai akhir bulan ini, karena Pemerintah meningkatkan peluncuran vaksinnya,” kata Menteri Pendidikan Lawrence Wong seperti dilansir dari Straits Times, Jumat (15/1).

Wong yang memimpin satuan tugas multi-Kementerian Covid-19 Singapura mengatakan para lansia akan mendapatkan vaksin. Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan bahwa lansia berusia 70 tahun ke atas akan mulai mendapatkan suntikan mulai Februari.

Baca juga: Hanya Manjur 50,4 Persen, Singapura Masih Tunda Pakai Vaksin Sinovac

“Menjelang akhir bulan kami akan memulai program untuk para lansia, di mana kami akan mengajak mereka untuk datang ke poliklinik terdekat, Klinik Kesiapsiagaan Kesehatan Masyarakat (PHPC) atau pusat vaksinasi dengan sistem booking,” ujar Wong usai menerima suntikan vaksir Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Kwong Wai Shiu.

Sistem pemesanan diperlukan untuk menghindari pemborosan vaksin. Suntikan disiapkan tetapi tidak ada yang menerimanya. Wong mengatakan surat akan dikirim untuk memberi tahu para lansia kapan mereka dapat melakukan pemesanan untuk vaksinasi mereka.

Relawan akan dilatih untuk membantu manula membuat pemesanan online, dan informasi dalam berbagai bahasa akan disebarluaskan di perkebunan HDB. Wong mengungkapkan proses ini akan memakan sedikit waktu.

“Jadi kami juga akan meningkatkan upaya penjangkauan dan keterlibatan kami, terutama kepada orang tua di semua perkebunan HDB kami, untuk memberi tahu mereka, memberi mereka lebih banyak informasi dengan penyampaian bahasa yang berbeda, dan juga untuk membantu mereka dalam pemesanan karena tidak semua orang akan terbiasa dengan sistem online,” ungkap Wong.

Setelah orang tua, vaksin akan semakin tersedia untuk segmen populasi lain. Wong mengatakan ini akan dilakukan secara bertahap, dan waktunya bersamaan dengan kedatangan pengiriman vaksin.

“Kami mengharapkan peningkatan yang signifikan mulai sekarang dan seterusnya, dan sekali lagi, kami akan mendorong semua orang untuk melangkah maju, divaksinasi ketika Anda ditawari kesempatan untuk divaksinasi,” tambahnya.

Vaksin Pfizer-BioNTech adalah vaksin Covid-19 pertama yang telah disetujui untuk digunakan di Singapura. Vaksin itu manjur di atas 90 persen untuk mencegah Covid-19. Singapura juga melakukan penjajakan lainnya bersama Moderna dan Sinovac yang diharapkan tiba dalam beberapa bulan mendatang.

Pemerintah saat ini sedang bekerja mendirikan pusat vaksinasi Covid-19 yang akan memungkinkan banyak orang untuk divaksinasi setiap hari. Dan vaksinasi juga akan diberikan di poliklinik dan klinik dokter umum. Pemesanan sebelumnya akan dilakukan sebelum orang pergi ke pusat vaksinasi untuk menerima suntikan Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed