Pemda Ketapang Upayakan OPD Teknis Dapat Bergerak Selaras dan Terintegritas

Pemda Ketapang Upayakan OPD Teknis Dapat Bergerak Selaras dan Terintegritas

KalbarOnline, Ketapang – Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Suherman menghadiri kegiatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2022. Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Kantor Bupati Ketapang itu juga sekaligus dirangkai dengan penandatanganan berita acara, Kamis (14/1/2021).

Dalam sambutannya, Suherman menyampaikan bahwa forum konsultasi publik merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah yang secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan daerah.

“Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan sangatlah penting dan merupakan salah satu sarana pemberdayaan masyarakat untuk berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan,” ujarnya saat membacakan sambutan Bupati.

“Pelaksanaan konsultasi publik ini dilaksanakan sebelum musrenbang RKPD Kecamatan, Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan musrenbang RKPD Kabupaten,” tambahnya.

Lebih lanjut, Suherman juga menyampaikan bahwa pembangunan pada dasarnya adalah proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik.

“UU No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek politis, teknokratis dan aspiratif (bottom up),” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Sekda juga mengharapkan kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir untuk dapat memberikan sumbangan pemikiran, sehingga melalui Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD tahun 2022 dapat menampung berbagai aspirasi masyarakat yang akan disinergikan dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah daerah.

Baca Juga :  Buka Gawai Dayak Ketapang VI di Manis Mata, Bupati: Perkaya Kebudayaan Nasional

“Dokumen Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Ketapang tahun 2022 mengusung tema Peningkatan Konektivitas antar Wilayah dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi Guna memperkuat Daya Saing Daerah, dokumen RKPD tahun 2022 merupakan tahun pertama pelaksanaan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ketapang tahun 2021-2026,” jelasnya.

“Sebagaimana diketahui bahwa pada era globalisasi ini begitu besar permasalahan dan tantangan pembangunan kedepan,” imbuhnya.

Menurut dia, terbatasnya sumber daya pembangunan, khususnya pembiayaan pembangunan, memerlukan adanya penajaman program pembangunan menjadi program kegiatan prioritas.

“Untuk itu kiranya melalui forum konsultasi publik ini dapat dirumuskan dan susun permasalahan-permasalahan pembangunan, sekaligus alternatif-alternatif pemecahan masalah yang wujud konkritnya berupa program atau kegiatan yang mampu menjawab permasalahan mendesak di tahun 2022,” tukasnya.

Program atau kegiatan strategis tersebut dijelaskannya seperti pemberdayaan masyarakat, penanggulangan kemiskinan, membuka kesempatan kerja dan peningkatan perekonomian masyarakat pedesaan perlu menjadi perhatian bersama.

“Demikian juga bidang urusan pertanian, pendidikan dan kesehatan serta pembangunan infrastruktur perdesaan dan perkotaan perlu mendapat perhatian lebih dengan tetap mengedepankan pemerataan dan pertumbuhan yang berkualitas dalam upaya mewujudkan percepatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Ketapang,” jelasnya.

Selanjutnya dalam implementasinya, pemerintah melalui OPD teknis juga mengupayakan untuk dapat bergerak selaras dan terintegrasi.

Baca Juga :  Cargill Gelar Football Festival 2017 di Ketapang

“Keterpaduan ini akan terus dievaluasi serta setiap saat akan dilakukan penyempurnaan guna terwujudnya program yang berkualitas serta tepat sasaran sehingga dapat mewujudkan ketapang maju menuju masyarakat sejahtera,” imbuhnya.

Dalam menyusun rancangan awal RKPD tahun 2022 ini, Sekda menyampaikan agar semua dapat mengamati dan mengantisipasi perkembangan kondisi global, nasional dan lokal di Kabupaten Ketapang.

Untuk menghadapi tantangan dan isu stategis tersebut Bupati dan wakil Bupati terpilih tahun 2021-2026 telah menyusun visi dan misi yang akan dituangkan dalam dokumen RPJMD tahun 2021-2026 sebagai berikut :

Visi :

Melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera.

Misi :

  1. Mewujudkan pemerintahan yang handal, bersih, terpercaya dan berwibawa dalam pelayanan publik;
  2. Melanjutkan peningkatan pembangunan infrastruktur;
  3. Pembangunan sumber daya manusia yang memiliki daya saing;
  4. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa yang merata dan berkeadilan;
  5. Memperkokoh landasan perekonomian masyarakat;
  6. Pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Ketapang.

“Sekali lagi saya berharap agar semuanya dapat berpartisipasi memberikan masukan terhadap rancangan awal RKPD Kabupaten Ketapang 2022 melalui forum konsultasi publik yang dilaksanakan hari ini, serta selalu mendukung terwujudnya visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati,” pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Asisten II Setda, Asisten III Setda, Kepala Bappeda, Kepala OPD, BPS Ketapang, perwakilan Politeknik, AMKI Ketapang, undangan dan lainnya.

Comment