Gempa Sulbar, Puan: Utamakan Pencarian dan Penyelamatan Korban

KalbarOnline.com – Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan duka atas terjadinya gempa di Sulawesi Barat, Jumat (15/1) dini hari tadi. Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 itu dilaporkan terjadi dekat Majene, namun dampak kerusakannya mencapai Mamuju.

“Kami turut berduka cita atas bencana ini, semoga korban meninggal dunia diterima amal baiknya oleh Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” kata Puan kepada wartawan, Jumat (15/1).

Puan menyampaikan, pemerintah daerah harus melakukan operasi tanggap darurat dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait penanganan bencana tersebut. Koordinasi antar pemangku kepentingan sangat penting dilakukan karena gempa dilaporkan terasa hingga wilayah Palu, Sulawesi Tengah; dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga :  Korlantas Targetkan Pelayanan Cepat Untuk STNK hingga BPKB

“Utamakan pencarian dan penyelamatan korban, serta menolong masyarakat yang terdampak serta kerahkan sumber daya daerah dan nasional,” tuturnya.

Operasi tanggap darurat secara menyeluruh, penyelamatan para korban, penanganan terhadap kelompok rentan, pendirian RS lapangan, tempat pengungsian, dapur umum, serta mengantisipasi munculnya penyakit di tempat pengungsian.

Baca Juga :  Kasus Aktif Covid-19 Lampaui 100 Ribu Pasien

Lebih jauh, Puan mengingatkan agar pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengantisipasi bencana susulan.

“Lakukan antisipasi dan perkuat upaya pencegahan penanggulanagan bencana di setiap daerah terutama di daerah yang berkategori risiko tinggi bencana agar dampak bencana dapat diminimalisasi demi melindungi masyarakat dan meminimalisasi kerugian dan kerusakan jika suatu hari bencana terjadi,” pungkasnya.

Comment