Catatan Kecil Zainut Tauhid Mengenang Syekh Ali Jaber

KalbarOnline.com – Wafatnya ulama kharismatik Syekh Ali Jaber menimbulkan kesan duka mendalam bagi banyak orang, tak terkecuali Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi. Secara khusus dia membuat catatan kecil untuk mengenang sosok ulama besar Syekh Ali Jaber pada Jumat (15/1). Berikut catatannya.

Bangsa Indonesia kehilangan seorang tokoh ulama besar. Figur yang sepenuh hidupnya diabdikan untuk jalan dakwah mengajak kebaikan dengan penuh hikmah, bahasa yang santun dan memberikan contoh keteladanan yang mulia.

Syeh Ali Jaber dalam setiap ceramahnya selalu menggunakan kalimat yang sejuk, jauh dari agitasi, fitnah dan provokasi. Pesan-pesan agama yang disampaikan sarat dengan nilai kemanusiaan, kasih sayang dan persaudaraan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Syeh Ali Jaber adalah seorang ulama yang tidak hanya memiliki pemahaman ajaran agama yang mendalam. Tetapi beliau juga seorang yang taat dalam beragama dan mengamalkan ilmu agamanya.

Baca Juga :  Warga Kabupaten Sekadau Sambut Antusias Sambut Kedatangan Jokowi

Syeh Ali Jaber adalah seorang ulama yang hapal Al Qur’an (hafidz) dan mencintai anak-anak yang ingin belajar dan menghapal Al Qur’an. Dari bimbingan beliau banyak lahir para hafidz dan hafidzah yang andal.

Dengan akhlak mulianya, beliau tidak sungkan untuk mencium tangan dan kepala serta memeluk seorang anak yang masih belia usianya karena anak tersebut hapal al-Qur’an dan memiliki bacaan al-Qur’an yang fasih dan indah. Tidak hanya itu beliau juga tidak jarang memberikan hadiah baik dalam bentuk bea siswa atau pun ibadah umrah. Hal tersebut membuktikan beliau seorang yang sangat mencintai hal yang berhubungan dengan al-Qur’an.

Masih belum hilang dari ingatan kita bagaimana beliau mengubah kehidupan Muhammad Gifari Akbar, 16, setelah viral karena mengaji di trotoar Jalan Braga Kota Bandung. Akbar meninggalkan pekerjaannya menjadi pemulung. Akbar pun tak harus tinggal di jalanan, diterpa dinginnya udara Kota Bandung.

Baca Juga :  Ini 5 Kewajiban Suami Terhadap Istri Dalam Ajaran Islam

Remaja dari Kabupaten Garut itu kini menjadi anak angkat ulama besar Syekh Ali Jaber. Dia juga dimasukkan ke salah satu pesantren di Cipanas Kabupaten Cianjur. Bahkan, pada Desember mendatang, Syekh Ali Jaber berencana memboyong Akbar menunaikan ibadah umrah dan bertemu dengan imam besar di Arab Saudi.

Ulama yang rendah hati, santun dan lemah lembut itu telah meninggalkan kita. Suara merdu yang senang melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an, tutur kata yang santun dan tenang itu sudah tidak bisa kita dengarkan lagi.

Namun pesan-pesan indah sarat makna akan terus membekas dan melekat dalam hati kita semuanya. Selamat jalan Syekh, semoga Allah Yang Maha Rahim memberikan tempat mulia untukmu di surga bersama para kekasih-Nya. Amiin.

Comment