by

Tips Mempersiapkan Anak Kembali Sekolah Saat Pandemi

KalbarOnline.com – Wacana pemerintah akan mengaktifkan kembali proses belajar di Sekolah segera berlangsung di tahun 2021. Hal ini pun masih menghadirkan pro dan kontra bagi sebagian orang tua. Meski paham betul akan pentingnya pendidikan, sebagian orang tua masih merasa khawatir jika anak-anak perlu kembali sekolah saat pandemi.

Ya, beberapa negara juga telah memulai kembali aktivitas di sekolah, tentunya dengan aturan baru bagi murid, guru, maupun orang tua. Begitu pula di Indonesia, pemerintah mengaku telah mempersiapkan rincian aturan yang perlu diterapkan masing-masing sekolah saat di buka kembali.

Persiapan tersebut tentu perlu turut dilakukan para orang tua dan calon siswa. Pasalnya, seluruh pihak perlu kembali beradaptasi dengan kondisi baru. Jadi, apa saja yang perlu dipersiapkan saat akan kembali sekolah? Silakan simak penjelasan lengkapnya berikut.

1. Memastikan seluruh anggota keluarga sehat
Kesehatan saat ini menjadi hal utama yang perlu diperhatikan siapa saja. Jangankan beraktivitas ke sekolah, sebelum memutuskan keluar rumah pun Anda perlu yakin betul dalam kondisi prima. Hal tersebut tentu demi kepentingan bersama di masa pandemi.

Untuk mempersiapkan kondisi kesehatan, Anda bisa memberikan asupan bergizi serta vitamin dalam keseharian anak-anak. Ya, dalam kondisi ini daya tahan tubuh menjadi proteksi pertama untuk mengurangi risiko penularan.

2. Mengedukasi anak mengenai bahaya Covid-19
Sejak awal pandemi, sebagian orang tua pasti telah mengedukasi anak-anak mengenai bahaya Covid-19. Jika belum, pastikan Anda menyampaikannya ke anak-anak. Sebaiknya penyampaian pun disesuaikan dengan usia anak, sehingga si kecil pun akan paham betul dengan kondisi yang akan dihadapi. Pemahaman akan pandemi ini juga sebagai upaya agar si kecil tidak kaget dengan kondisi yang baru.

3. Memastikan agar selalu patuh protokol kesehatan
Bagi institusi pendidikan, menerapkan aturan new normal sudah menjadi kewajiban. Beberapa di antaranya adalah menerapkan physical distancing, menutup area bermain, kantin, hingga meniadakan kegiatan ekstrakulikuler.

Kondisi tersebut pun perlu dipahami anak agar dapat dipatuhi dengan efektif. Selain itu, si kecil juga perlu memahami protokol kesehatan bagi dirinya sendiri. Mulai dari menggunakan alat pelindung diri, menjaga jarak, hingga tidak melakukan kegiatan berkumpul adalah beberapa protokol kesehatan yang perlu dipahami.

Untuk para orang tua, tindakan pencegahan juga bisa dilakukan dengan membawakan anak bekal. Dengan begitu, si kecil tidak perlu jajan yang bisa meningkatkan risiko penularan.

4. Hindari kecemasan berlebihan
Hal ini tak kalah penting untuk dilakukan, yaitu menghindari rasa cemas berlebihan. Pasalnya, rasa cemas bisa menurunkan kondisi daya tahan tubuh yang bisa memicu penularan.

Untuk itu, cobalah untuk lebih percaya pada anak dan sekolah. Jika setiap poin di atas telah dilakukan dengan baik, anda cukup memastikan dan waspada pada seluruh protokol kesehatan. Dengan begitu, anak pun tak akan ikut cemas dan mampu kembali beradaptasi di sekolah.

5. Memilih institusi pendidikan terpercaya
Salah satu upaya lain yang bisa Anda lakukan adalah memilih institusi pendidikan terpercaya. Tentunya, protokol kesehatan dan kebersihan kini menjadi hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih sekolah.

Salah satu institusi pendidikan yang telah dipercaya memiliki sistem kebersihan yang terkontrol adalah Sampoerna Academy. Sampoerna Academy yang berada di bawah asuhan Putera Sampoerna Foundation menjadi satu-satunya institusi pendidikan Indonesia yang bekerja sama dengan SGS.

SGS sendiri merupakan perusahaan inspeksi, verifikasi, pengujian, dan sertifikasi terkemuka di dunia. Kerjasama ini dilakukan demi proteksi terhadap para tenaga pendidik, karyawan, serta para siswa.

Adapun beberapa hal yang dilakukan SGS adalah pembersihan dan disinfeksi, pelatihan dan kualifikasi staf kebersihan, pengawasan proses pembersihan, serta pengambilan sampel untuk uji laboratorium. Tentunya, proses ini berlangsung di seluruh lokasi kantor Putera Sampoerna Foundation dan Institusi di bawahnya termasuk Sampoerna Academy di masing-masing daerah.

Dengan adanya proteksi demikian, orang tua tentu akan lebih mampu melepas si kecil untuk kembali ke sekolah saat pandemi. Protokol ini juga menjadi upaya pencegahan penularan di kawasan sekolah. Kalau begitu, semangat mempersiapkan si kecil ya.

Comment

News Feed