Bukan Wasiat, Syekh Ali Jaber Ingin Dimakamkan di Lombok Hanya Cita-cita Beliau Saja

KalbarOnline.com – Keluarga pendakwah kondang Syekh Ali Jaber meluruskan informasi terkait “wasiat” yang disampaikan almarhum yang ingin dimakamkan di Lombok jika meninggal. Menurut pihak keluarga, apa yang disampaikan almarhum Syekh Ali Jaber itu konteksnya bukan wasiat.

Adik almarhum Syekh Ali Jaber, Muhammad Jabeer, memastikan almarhum kakaknya tak pernah berwasiat dan meminta untuk dimakamkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia mengatakan, pernyataan Syekh Ali Jaber yang ingin dimakamkan di Lombok diucapkannya saat mengisi ceramah di sana.

Menurut dia, pernyataan tersebut hanya cita-cita saja. Pernyataan ini disampaikan Muhammad untuk mengklarifikasi isu yang viral di media sosial itu. “Bukan wasiat. Tak pernah wasiatkan ke kami secara ucapan dan tertulis. Itu cita-cita beliau,” kata Muhammad Jabeer di Rumah Sakit Yarsi, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga :  Profesional dan Visioner, Begini Rekam Jejak Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan

Jabeer mengungkapkan, almarhum Syekh Ali Jaber juga pernah bercita-cita untuk dimakamkan di Madinah. Namun, kata dia, cita-cita tersebut akan sulit terwujud lantaran jauhnya jarak antara Jakarta dan Madinah.

“Cita cita beliau (juga) di Madinah. Tapi susah, apalagi di masa pandemi,” ungkap dia.

Baca Juga :  Kabar Gembira! Pemprov Banten Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor Hingga Akhir 2020

Jabeer mengatakan, pihak keluarga akhirnya memilih agar Syekh Ali Jaber dimakamkan di Pesantren Daarul Quran, Tangerang. Lahan pemakaman sudah disiapkan oleh pemilik pondok pesantren itu, Ustaz Yusuf Mansur.

Syekh Ali Jaber juga memulai dakwahnya melalui pesantren tersebut. Jenazah akan dimakamkan sore ini. Namun ia meminta masyarakat tak berbondong-bondong datang ke rumah duka atau pun pemakaman. “Tak perlu kerumunan ke sana, cukup di rumah masing-masing saja (mendoakannya),” tutur dia. [ind]

Comment