Gerak Cepat Menkes Atasi Kurangnya Tenaga Medis di Masa Pandemi

KalbarOnline.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui masih kekurangan tenaga medis untuk menjadi garda terdepan dari penanganan Covid-19 di tanah air.

Dalam paparannya dengan Komisi IX DPR, Budi Gunadi mengatakan perlu adanya strategi khusus untuk mengatasi tercukupnya tenaga medis di Indonesia. Apalagi banyak tenaga medis yang kelelahan akibat pandemi Covid-19.

“Jadi tenaga kesehatan kurang karena mereka banyak yang letih, banyak yang terkena (Covid-19-Red),” ujar Budi di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/1).

Baca Juga :  Ribuan pengungsi Mamuju Tolak Kembali Pulang ke Rumah

Oleh sebab itu, Budi mengaku memiliki strategi dalam mengatasi kekurangannya tenaga medis ini. Caranya dengan mengganti tenaga medis yang kelelahan atau yang terpapar Covid-19 dengan yang baru.

“Jadi kita harus mengatur rotasi jadwal shifnya supaya tidak terlalu banyak yang tertapar kekurangan perawat ini,” katanya.

Baca Juga: Menteri Erick: Vaksin Covid-19 Aman, Berkhasiat, Halal

Nantinya para perawat yang baru lulus sekolah tersebut bisa langsung bekerja. Hal ini untuk mengatasi kekurangannya perawat di Indonesia.

Baca Juga :  Jenazah Okky Bisma Belum Diserahkan ke Keluarga, Ini Alasannya

“Jadi yang sudah lulus sekolah tidak perlu ambil sertifikat tanda registrasi. Jadi bisa langsung bekerja,” ungkapnya.

Selain itu Budi mengatakan untuk mengatasi kekurangannya dokter spesialis paru, anastesi, dan penyakit dalam, adalah dengan memberikan pelatihan dokter umum ke dokter spesialis.

“Sehingga masing-masing dokter umum bisa dilatih untuk memerankan perannya. Jadi enggak usah kita hentikan layanan kesehatan karena tidak ada dokter spesialis,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment