BGS Jelaskan Skema Vaksinasi, Dimulai dari Jokowi Sampai ke Masyarakat

KalbarOnline.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin (BGS) mengatakan, vaksinasi Covid-19 di mulai pada pekan ini dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah orang pertama yang akan disuntik.

BGS mengatakan, setelah Presiden Jokowi disuntik barulah kemudian tenaga kesehatan yang akan divaksinasi. Diharapkan pada akhir Februari mendatang 1.48 juta tenaga kesehatan bisa semuanya divaksinasi.

“Tahap yang pertama akan kita berikan ke 1,48 juta tenaga kesehatan di seluruh Indonesia. Diharapkan ini bisa mulai besok minggu ini, kemudian rolling mudah-mudahan di akhir Februari ini bisa selesai,” ujar BGS di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/1).

BGS juga menjelaskan, kenapa vaksinasi prioritas diberikan kepada para tenaga medis. Hal itu karena mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19 di tanah air.

Baca Juga :  Ikuti Instruksi Anies, 75 Persen Pegawai KPK Bekerja dari Rumah

“Karena tenaga kesahan ini paling rentan terpapar pasien Covid-19 dan mereka yang diberikan pertama kali,” katanya.

Baca Juga: Surpres soal Kapolri, PKB: Sepertinya Rabu Keramat, Kita Tunggu Saja

Baca Juga: Luhut: Tragedi Sriwijaya Air Harus Jadi Evaluasi

Baca Juga: Sarah Beatrice Jadi ‘Korban’ Sriwijaya Air karena KTP Dipinjam Teman

BGS menambahkan, setelah Presiden Jokowi dan tenaga medis divaksinasi. Maka selajutnya adalah kalangan petugas publik. Jumlahnya sebanyak 17,4 juta. Nantinya vaksinasi untuk petugas publik dilakukan pada Maret dan April 2021.

“Para petugas publik adalah orang yang dalam tugasnya sehari-hari bertemu dengan banyak orang,” ungkapnya.

Setelah itu barulah para masyarakat lanjut usia (lansia). Nantinya sebanyak 21.5 masyarakat lanjut usia akan divaksinasi. Namun vaksinasi itu baru bisa dilakukan setelah adanya vaksin Pfizer atau AstraZeneca. Hal itu lantaran vaksin Sinovac belum diuji klinis untuk orang berusia di atas 60 tahun.

Baca Juga :  ‎Sempat Jadi Kontroversi, RUU Ketahanan Keluarga Kembali Dibahas DPR

“Kita harapkan kalau vaksin Pfizer, AstraZeneca datang di bulan April, itu adalah vaksin yang memang sudah uji klinisnya digunakan untuk di atas 60 tahun, jadi kita akan mulai untuk petugas publik dan lansia itu sekitar bulan Maret, April,” ungkapnya.

Menurut BGS, jika selesai vaksinasi untuk petugas publik dan lansia, akhir April sudah bisa vaksinasi. Maka selanjutnya adalah masyarakat umum yang disuntikan vaksin tersebut.

“Kalau misalnya selesai diharapkan akhir April atau awal Mei kita bisa melakukan untuk seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Comment