Hari Ketiga Pencarian, Terkumpul 5 Kantong Jenazah Berisi Body Part

KalbarOnline.com – Basarnas kembali menemukan sejumlah potongan tubuh korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (11/1). Tercatat, hingga pukul 12.30 Wib sudah ada lima kantong jenazah yang berisi potongan (body part) tubuh para penumpang pesawat nahas tersebut. ’’Yang terbaru adalah bagian dada dan isi perut korban,’’ kata Kepala Kantor SAR Jakarta Hendra Sudirman di perairan Kepulauan Seribu, Senin (11/1).

Hendra menuturkan, sebanyak empat bagian tubuh berhasil ditemukan pada proses evakuasi hari ketiga jatunya pesawat Sriwijaya. Dia mengharapkan proses ini segera ditindaklanjuti pihak terkait. ’’Total dari pagi hingga siang hari ini ada empat kantong jenazah,’’ ungkap Hendra.

Sebelumnya, sebanyak 2.600 personel gabungan dikerahkan untuk membantu proses pencarian jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak di Kepulauan Seribu. Petugas yang dikerahkan pada hari ketiga ini mengutamakan pencarian di bawah air, tanpa mengesampingkan pencarian di atas permukaan.

Baca Juga :  Posko Pengungsian Gunung Merapi Berutang Tripleks dan Sewa Genset

’’Sampai saat hari ini kurang lebih sekitar 2.600 personel yang terlibat langsung atau tak langsung terhadap kegiatan pencarian dan pertolongan ini. Jadi kita konsentrasi di bawah air. Namun demikian juga di atas tetap kita fokuskan,’’ kata Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/1).

Rasman menyampaikan, lokasi pencarian diperluas hingga ke sekitar pantai. Diharapkan bisa menemukan serpihan pesawat maupun aksesoris korban. ’’Yang kemungkinan ada barang-barang yang mungkin karena faktor arus, gelombangbdan sebagainya yang akhirnya bergeser ke arah pantai, tetap kita akan lakukan kegiatan tersebut. Karena itu wilayah pencarian kita semakin kita perluas,’’ ujar Rasman.

Baca Juga :  Paulus dan Indra Selamat Gara-gara Harga Rapid Test Rp 2,6 Juta

Rasman menyatakan, kini sebanyak 53 alutsista telah dikerahkan di lokasi jatuhnya pesawat Boeing 737-500. Puluhan alutsista itu diantaranya, berupa sea rider, jetski, perahu karet dan rib. Kemudian mengerahkan 13 unit alusista udara. ’’Kemudian alusita darat, khusus untuk ambulan masih ada penambahan menjadi 12 unit,’’ ucapnya.

Sebagaimana diketahui, pesawat Sriwijaya SJ-182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada pukul 14.40 WIB, Sabtu (9/1). Pesawat yang bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut mengangkut penumpang sebanyak 56 penumpang, terdiri dari 46 dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment