Categories: Nasional

Hari Kedua Evakuasi, 19 Kantong Potongan Tubuh Dibawa ke Posko

KalbarOnline.com – Kepala Basarnas (Kabasarnas) Marsdya Bagus Puruhito menyampaikan, tim search and rescue (SAR) gabungan berhasil mengumpulkan 19 kantong yang berisi bagian tubuh dari korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1). Temuan itu bertambah satu kantong yang dibawa oleh Kapal Negara SAR Basudewa ke posko terpadu di JICT II.

“Sampai hari ini yang sudah kita temukan tadi malam saya katakan 18 kantong jenazah yang berisi atau berupa body part atau potongan tubuh korban. Hari ini kita datang lagi satu kantong jenazah,” kata Bagus di Posko Terpadu JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/1).

Selain potongan tubuh korban, tim SAR gabungan juga berhasil menemukan puing pesawat Sriwijaya Air atau Boeing 737-500. Serpihan pesawat nantinya akan ditelaah oleh pihak KNKT.

“Lainnya yang sudah kita dapatkan 10 kantong bagian kecil pesawat, 16 potongan bagian besar pesawat dan pakaian. Saat ini yang material sudah sama-sama KNKT menangani proses selanjutnya,” ujar Bagus.

Baca Juga: Luhut: Tragedi Sriwijaya Air Harus Jadi Evaluasi

Sebelumnya, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas kembali menemukan potongan tubuh korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Potongan tubuh korban itu akan dibawa ke posko terpadu di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Jadi yang untuk penemuan hari ini pukul 09.00 WIB itu satu kantong sudah dibawa oleh KN Basudewa ke JICT 2,” kata Koordinator Kapal KN SAR Wisnu, Iksan di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (11/1).

Selain itu untuk penemuan kedua, tim Basarnas juga menemukan bagian tubuh korban yang berada di perairan Kepulauan Seribu. Potongan tubuh yang ditemukan nantinya akan diidentifikasi oleh tim DVI Polri.

“Yang kedua itu 09.39 WIB telah ditemukan lagi dua kantong diantaranya ada yang satu kantong ada bagian tubuh, yg satu kanyong itu bagian kaki, yang satunya juga isi dalam perut,” pungkas Iksan.

Untuk diketahui, pesawat Sriwijaya SJ-182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada pukul 14.40 WIB, Sabtu (9/1). Pesawat yang bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut mengangkut penumpang sebanyak 56 penumpang, terdiri dari 46 dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Buntut Perkara “Potong Kompas” di Waterfront Sambas, Sejumlah Media Online Bakal Disomasi

KalbarOnline, Pontianak - Kendati Iskandar Zulkarnaen sudah habis-habisan membantah bahwa tidak ada kalimat “perintah Sutarmidji”…

1 hour ago

Rayakan Hari Kemenangan, PLN Gelar Halal Bihalal Bersama Anak-Anak Panti Asuhan

KalbarOnline.com – Dalam momen hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) Unit Induk…

3 hours ago

Mantapkan Diri Maju di Pilwako Pontianak 2024, Akbar Rahmad Putra Daftar ke PKS

KalbarOnline, Pontianak – Akbar Rahmad Putra, seorang dokter berusia 27 tahun terus memantapkan dirinya sebagai…

4 hours ago

Terima Manfaat dari Program Konsolidasi Tanah, Warga Terdampak Bencana Likuefaksi Palu Kini Miliki Hunian yang Layak dan Nyaman

KalbarOnline.com, Nasional - Program Konsolidasi Tanah merupakan bentuk penataan kembali suatu kawasan juga penguasaan tanah…

5 hours ago

Rakor GTRA Kalbar: Revitalisasi Gugus Tugas Reforma Agraria Untuk Kalimantan Barat Sejahtera

KalbarOnline.com, Pontianak - Sehubungan dengan percepatan pelaksanaan Reforma Agraria, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan…

6 hours ago

Sekda Ketapang Buka Kegiatan Gelar Talenta Pendidikan Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo membuka Gelar Talenta Pendidikan…

11 hours ago