Hari Ini Kemenhub Lakukan Test Antigen Acak Ke Penumpang Bus

KalbarOnline.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini, Senin (11/1), mulai melakukan rapid test antigen acak kepada pengguna transportasi umum darat untuk kendaraan yang melintas ke luar daerah.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengungkapkan, pengetesan acak dilakukan di terminal bagi penumpang bus terutama di terminal-terminal tipe A.

“Beberapa pengetesan secara random sampling untuk pengguna kendaraan angkutan umum bus terutama di terminal-terminal tipe A,” kata dia ditemui di Pelabuhan Patimban, Minggu (10/1).

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Perjalanan Orang untuk moda transportasi darat, kapal laut, pesawat, dan kereta api.

Baca Juga :  Presiden Jokowi: Dunia yang Diimpikan Banyak Pihak Belum Tercapai

Dalam surat edaran tersebut, pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi umum darat, dilakukan tes acak (random check) rapid test antigen bila diperlukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 di daerah selain tujuan Bali.

Sementara pelaku perjalanan ke Bali melalui transportasi darat termasuk angkutan sungai, danau, penyeberangan dan laut, baik pribadi maupun umum, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau nonreaktif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga :  Jumlah Tes Turun, Angka Kasus Covid-19 Ikut Drop

Pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi darat pribadi, diimbau melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat sudah menggunakan rapid test antigen,” ucapnya.

Kemenhub sendiri telah menyiapkan sebanyak 20 ribu alat rapid test antigen untuk melakukan pengecekan acak terhadap pengguna transportasi darat dengan target sementara sebanyak 20.000.

“Karena mulai dari tanggal 11 sampai tanggal 25, sementara 20.000, nanti kalau kurang saya akan minta lagi,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment