Menlu Tiongkok Akan Kunjungi Indonesia dan Tiga Negara ASEAN Lainnya

KalbarOnline.com – Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina pada 11–16 Januari 2021.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying dalam keterangan tertulisnya di Beijing, Minggu malam, menyebutkan Wang memulai kunjungan ke empat negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tersebut dari Myanmar pada Senin (11/1) untuk memenuhi undangan Aung San Suu Kyi. Dilanjutkan kemudian ke Indonesia atas undangan Menlu RI Retno LP Marsudi.

Baca Juga :  Bukan untuk Berwisata, Ini Syarat WNI Bisa Datang ke Singapura

Lalu pada Selasa (12/1), Wang Yi yang juga anggota Dewan Negara Tiongkok itu dijadwalkan bertemu dengan Menlu Retno dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Dalam informasi yang dihimpun, Wang akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/1).

Dari Jakarta, Wang akan melanjutkan kunjungannya ke Brunei Darussalam dan Filipina atas undangan menlu kedua negara itu. Sebelum ke ASEAN, Menlu Wang Yi melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Afrika.

Baca Juga :  WHO Sebut Tahun Ini Populasi Dunia Belum Kebal Covid-19, Ini Alasannya

Wang Yi sebelumnya berencana mengunjungi Indonesia menjelang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Tiongkok  pada April 2020. Namun karena terjadi pandemi, maka kunjungan tersebut baru bisa dilakukan pada awal 2021. (Antara)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment