by

Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil di Trimester Kedua

Kehamilan bisa memengaruhi keinginan akan makanan tertentu. Itu karena, kebutuhan tubuh ikut berubah selama kehamilan. Artinya, wanita hamil membutuhkan tambahan protein, vitamin, dan mineral. Selama trimester kedua, tubuh ibu hamil membutuhkan tambahan 300 hingga 500 kalori untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin.

Namun, itu hanya mitos bahwa wanita hamil harus makan untuk dua orang. Agar kehamilan di trimester kedua tetap sehat, ibu hamil harus mengonsumsi makanan bergizi dengan menu bervariasi. Asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk trimester pertama sebesar 2100 kkal, meningkat sebesar 300 kkal dari kalori harian di trimester pertama yang hanya 1800 kkal.

Baca juga: Ini Alasannya Ibu Hamil Perlu Membatasi Makan Junk Food

Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil di Trimester Kedua

Trimester kedua dianggap sebagai fase termudah kehamilan karena ketidaknyaman yang dirasakan ibu hamil di trimester pertama telah berlalu. Namun, trimester kedua sangatlah penting untuk perkembangan bayi yang sehat. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa ibu hamil dan bayi yang dikandungnya menerima nutrisi yang cukup. Inilah beberapa nutrisi penting yang harus dikonsumsi ibu hamil selama kehamilan trimester kedua:

1. Zat Besi

Membantu bayi yang sedang berkembang untuk menerima suplai oksigen yang cukup. Ibu hamil yang kekurangan zat besi dapat mengalami anemia dan berdampak pada meningkatnya risiko kelahiran prematur serta mengalami depresi setelah melahirkan. Zat besi terkandung di sayuran berdaun hijau, daging merah, lentil dan kacang-kacangan, makanan laut seperti kerang, serta unggas.

2. Protein

Penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan pertumbuhan jaringan lainnya. Selain itu, protein dapat membantu rahim dan payudara ibu hamil tumbuh. Oleh karena itu, makanan kaya protein sebaiknya dikonsumsi dua kali sehari. Untuk mendapatkan protein, wanita hamil harus mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan dan lentil.

Baca Juga: Mums, Ketahui Pentingnya dan Kebutuhan Protein di Trimester Ketiga

3. Kalsium

Trimester kedua merupakan waktu di mana gigi dan tulang bayi terbentuk. Itulah kenapa, asupan kalium yang cukup menjadi sangat penting. Kalium juga penting untuk kelancaran fungsi sistem saraf dan peredaran darah untuk perkembangan otot. Asupan kalium harian yang disarankan untuk wanita hamil di trimester kedua ialah 1000 mg. Makanan mengandung kalium di antaranya produk susu (susu, yoghurt, dan keju), sayuran hijau, serta telur.

4. Folat

Nutrisi penting selama kehamilan trimester kedua karena dapat membantu mencegah cacat tabung netral. Apalagi, penelitian mengungkapkan bahwa folat dapat mengurangi risiko bayi mengalami cacat jantung bawaan. Folat bisa ditemukan dalam kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran berdaun hijau, dan vitamin prenatal.

Baca juga: Mums, Pastikan Mengonsumsi Makanan Kaya Asam Folat Ini Selama Hamil!

5. Vitamin D

Berperan penting dalam perkembangan tulang dan gigi bayi. Sinar matahari merupakan sumber terbaik vitamin D karena tidak terdapat dalam makanan alami. Namun, vitamin D dapat ditemukan dalam makanan yang diperkaya seperti susu dan sereal. Bila perlu, konsumsi suplemen vitamin D yang tersedia di pasaran.

4. Omega-3

Asam lemak omega-3 membantu perkembangan jantung, otak, sistem saraf pusat, dan sistem kekebalan bayi yang sehat. Selain itu, omega-3 juga dapat membantu mencegah persalinan prematur, preeklamsia, dan depresi setelah melahirkan. Untuk mendapatkan omega-3, wanita hamil harus mengonsumsi ikan berlemak, biji chia, biji rami, dan makanan yang diperkaya omega-3.

5. Air Putih

Menjaga asupan cairan yang cukup sangat penting. Dehidrasi selama kehamilan dapat mennyebabkan komplikasi. Jadi, pastikan untuk minum air putih 8 hingga 12 gelas setiap hari.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari selama kehamilan trimester kedua

  • Daging mentah
  • Ikan mentah
  • Telur mentah
  • Daging dan seafood siap santap
  • Produk susu yang tidak dipasteurisasi (pembersihan kuman melalui pemansan suhu 60 derajat Celsius hingga 70 derajat Celsius selama 30 menit)
  • Ikan mengandung merkuri tinggi, di antaranya ikan todak, hiu, dan king mackerel
  • Pemanis buatan
  • Alkohol
  • Kafein yang berlebihan
Baca juga: Kenapa Sih Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Sushi?

Referensi:

Health Hub. Healthy Eating in Trimester 2

Bright Side. Which Foods Pregnant Women Need to Eat Week by Week to Have a Healthier Baby

Apollo. Second Trimester Diet Plan for Healthy Pregnancy

Comment

News Feed