Kantor Pusat Hyundai Asia-Pasifik di Malaysia Dikabarkan Akan Pindah ke Indonesia

KalbarOnline.com — Hyundai dilaporkan akan memindahkan markas Hyundai Asia-Pasifik dari Malaysia. Kantor pusat Hyundai Asia-Pasifik di Malaysia yang berdiri sejak 2015 itu bakal pindah ke Indonesia.

Dilaporkan Wapcar.my, Hyundai Motor Corporation memiliki kantor di Malaysia yang terletak di Mutiara Damansara. Di sana terletak Hyundai Training Academy yang juga berfungsi sebagai kantor pusat regional Asia Pasifik Hyundai Motor.

Markas Hyundai Motor Asia Pasifik di Malaysia ini dibuka pada 2015. Sejak saat itu, fasilitas ini dimanfaatkan untuk memberikan dukungan termasuk pelatihan penjualan dan purnajual mobil Hyundai di 32 negara di kawasan Asia Pasifik.

Kini, berembus kabar bahwa Hyundai Training Academy di Malaysia akan ditutup akhir tahun ini. Sebab, Hyundai akan memindahkan fasilitas itu ke Indonesia.

Baca Juga :  Tagih Utang, Bibir Wanita Ini Disundut Api Rokok

“Kabar tersebut merupakan pukulan bagi ambisi Malaysia untuk menjadi pusat otomotif regional di Asia Tenggara,” tulis Wapcar.my sebagaimana dilansir detik.

Karyawan Malaysia yang bekerja di Hyundai Training Academy telah di-PHK. Beberapa yang tersisa akan meninggalkan posisinya setelah serah terima ke tim di Indonesia. Serah terima akan dilakukan secara bertahap, dan diperkirakan selesai akhir tahun ini.

Hyundai Training Academy dimiliki langsung oleh Hyundai Motor Company. Ini tidak terkait dengan distributor Hyundai di Malaysia, Hyundai Sime-Darby Motors (HSDM). Artinya, bisnis penjualan mobil Hyundai tetap berjalan seperti biasa di Malaysia.

Baca Juga :  Protes BNPB Bagikan Masker di Kerumunan HRS, 2 Ribu Relawan Covid Siap Mundur?

Wapcar menulis, Indonesia menjadi negara yang diinginkan oleh setiap pabrikan mobil saat ini. Sebab, komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempromosikan kendaraan listrik begitu kuat. Hal itu yang ingin dikejar oleh setiap pabrikan mobil.

Seperti diketahui, Hyundai telah menggelontorkan investasi besar di Indonesia untuk menjadi basis produksinya di kawasan Asia Pasifik. Salah satu buah dari investasi itu adalah pembangunan pabrik di Cikarang, Bekasi yang diperkirakan rampung akhir tahun 2021 nanti.

Pabrik tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi komitmen investasi Hyundai untuk mengembangkan mobil listrik yang telah ditandatangani di Korea Selatan pada tanggal 26 November 2019 lalu. (ind)

Comment