DPR Minta Tidak Ada Spekulasi Soal Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air

KalbarOnline.com – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute penerbangan Jakarta-Pontianak di perairan Kepulauan Seribu. Dia pun juga meminta agar seluruh pihak tidak berspekulasi terhadap penyebab jatuhnya pesawat sebelum adanya keterangan resmi yang berikan oleh pihak terkait.

” Mari kita tunggu informasi resmi dari pihak Kementerian Perhubungan, Maskapai dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) penyebab jatuhnya SJ 182. Jangan sampai publik dan pihak keluarga korban mendapatkan informasi yang salah,” kata dia, Minggu (10/1).

Baca Juga :  Doni Monardo dan Risma Tinjau Majene dan Mamuju

Dia juga meminta kepada aparat TNI dan Polri serta Basarnas yang bertugas dapat memaksimalkan proses pencarian korban dengan memaksimalkan sarana dan prasarana serta menerjunkan jumlah pasukan di titik titik kordinat yang telah diketahui. Dengan begitu proses pencarian dapat segera ditemukan dan tidak memakan waktu lama.

“Kondisi alam dan arus laut yang kencang tentunya menjadi kendala dalam proses pencarian di laut seperti ini, namun jangan sampai korban dan serpihan terbawa cukup jauh serta harus memakan waktu yang lama dan pada akhirnya di hentikan karena tanggat waktu yang telah ditentukan” tegasnya.

Baca Juga :  UU Cipker Memungkinkan Dirikan PT Tanpa Akta Notaris, Ini Kata Yasonna

Lebih lanjut, Azis mengharapkan agar seluruh pesawat maskapai Sriwijaya Air dapat dilakukan pengecekan secara detail terhadap izin layak terbang.

“Dari segi teknis Ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar KNKT melakukan penyelidikan terkait penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

“Saya juga telah menyampaikan kepada KNKT untuk melakukan kajian dan penyelidikan terhadap musibah ini,” jelasnya dalam Telekonferensi Pers Presiden RI, Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (10/1).

Comment