by

5 Jenis Permainan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

Permainan tertentu dapat membantu meningkatkan IQ dan kecerdasan anak lho! Itu karena, kreativitas anak akan terlatih dengan sendirinya yang membuat mereka lebih pintar, cerdas, dan juga bertanggung jawab. Orang tua akan terkejut jika mengetahui betapa banyak manfaat yang didapatkan anak dari sebuah permainan dan bagaimana hal tersebut bisa membantu perkembangan buah hati tercinta.

Contohnya, jika anak suka bermain dokter-dokteran, mereka akan menunjukkan lebih banyak empati kepada orang lain. Atau, jika mereka suka bermain-main dengan koleksi make up Mums, hal tersebut bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka ketika menginjak usia remaja. Bahkan, tidak dipungkiri jika permainan yang dilakukan ketika kecil merupakan cita-citanya di masa depan.

Baca juga: Mainan untuk Si Kecil, Baiknya Seperti Apa?

5 Jenis Permainan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

Inilah beberapa permainan yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak dan juga masa depan mereka, Mums!

1. Dokter-dokteran

Permainan ini bisa membantu perkembangan otak anak serta perkembangan sosial dan kognitif. Selain itu, bisa membantu meningkatkan keterampilan sosial dan bahasa anak, meningkatkan imajinasi mereka dan memperluas pengetahuan mereka tentang dunia. Dengan menjadikan boneka favoritnya sebagai pasien, membuat mereka lebih berempati ketika besar nanti.

2. Tebak Siapa

“Coba tebak, ini siapa” bisa membantu anak-anak mengembangkan pemikiran logis dan mengajarkan keterampilan deskriptif. Manfaat permainan tebak siapa di antaranya mengajarkan anak mengikuti aturan dan bersikap sportivitas.

Baca juga: Mau Si Kecil Pintar? Ajak Ia Bermain Yuk, Mums!

3. Catur

Permainan yang bermanfaat karena akan mengajari anak-anak bagaimana mengatur strategi dan memecahkan masalah. Jika dimainkan sejak kecil, catur memiliki banyak manfaat, di antaranya keterampilan logis dalam mengambil keputusan, membangun kepercayaan diri, membantu anak-anak mendapatkan wawasan tentang sifat kompetitif, meningkatkan keterampilan berpikir, membantu menganalisis tindakan dan konsekuensi, serta unggul mata pelajaran matematika dan sains.

“Catur merupakan permainan yang meningkatkan kekuatan otak dan IQ, mengasak keterampilan verbal, meningkatkan keterampilan matematika, meningkatkan kecerdasan emosional serta keterampilan psiko-sosial, dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian mengungkapkan bahwa catur dapat membantu anak memproses informasi lebih cepat,” kata peneliti.

4. Salon-salonan

Membiarkan anak bermain dengan make up Mums atau salon-salonan terbukti penting untuk kepercayaan diri mereka di kemudian hari. Bermain dengan make up dapat berkontribusi pada meningkatnya kepercayaan diri karena anak akan merasa dilibatkan saat Mums memakai make up.

5. Scrabble

Permainan kata atau scrabble membantu anak menambah kosakata dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ejaan kata. Scrabble memaksa para pemain untuk menggunakan kreativitas mereka. Pasti, anak-anak akan memikirkan sebuah kata yang akan dimainkan. Itu artinya, kreativitas dan keterampilan ingatan mereka akan meningkat. Selain itu, setiap huruf dalam permainan memiliki nilai poin berbeda. Jadi, anak akan menggunakan matematika (menghitung) setelah membuat sebuah kata.

“Secara keseluruhan, scrabble adalah permainan yang sangat bagus untuk meningkatkan IQ anak-anak. Menurut penelitian, mereka yang bermain scrabble banyak menggunakan bagian otak yang berbeda saat membuat keputusan leksikal dibandingkan mereka yang tidak memainkannya,” tutur ilmuwan.

Baca juga: Mums, Ini Pentingnya Manfaat Permainan Imajinatif bagi Anak!

Berikan Kebebasan Anak Memilih Mainannya

Bagaimana pun, beri anak pilihan dan juga kebebasan untuk memilih permainan. Dengan begitu, anak akan belajar dengan baik ketika memiliki pilihan tentang apa yang mereka mainkan. Jangan menghentikan mereka apabila mereka memainkan permainan yang sama untuk waktu yang lama. Namun, perkenalkan permainan baru untuk mereka coba.

“Biarkan anak-anak membuat kesalahan. Tidak masalah melihat mereka sedikit frustasi karena menghadapi sebuah masalah. Jangan ikut campur dan biarkan mereka menyelesaikan masalah tersebut dengan caranya sendiri. Setelah mereka berhasil menyelesaikan masalah tersebut, berikan pujian. Tapi, jangan berlebihan agar mereka tetap memiliki kesempatan untuk berkembang,” kata peneliti.

Sementara itu, Laura Markham, Ph.D, penulis ‘Peaceful Parents, Happy Kids’ mengatakan bahwa orang tua harus membiarkan anak-anak menghabiskan waktu di luar ruangan agar mereka lebih tenang dan bahagia. “Ajak anak untuk pergi berkemah dan mengajarkan mereka bagaimana mendirikan tenda atau membuat api unggun. Apa pun yang menghubungkan anak-anak dengan alam bebas merupakan hal yang luar biasa,” ujar Laura.

Baca juga: Permainan Ini, Bisa Mengasah IQ si Kecil, lho!

Referensi:

Bright Side. 8 Games That Can Boost Your Child’s Intellect

India Parenting. Games to Boost Child’s IQ

Business Insider. 6 games for kids that will make them smarter

Comment

Terbaru