Wamenag Sebut Empat Fokus Strategi untuk Ciptakan Kemenag Baru

KalbarOnline.com – Kementerian Agama (Kemenag) akan fokus dalam perbaikan tata kelola dan layanan birokrasi. Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi pun menjelaskan bahwa ada empat langkah strategis yang akan dilakukan oleh Kemenag dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kata dia, awal dari keempat cara mewujudkan fokus tersebut adalah melakukan penyederhanaan struktur dalam Kemenag. ’’Fokus pertama adalah penyederhanaan struktur dan kelembagaan birokrasi,’’ ungkap dia, Jumat (8/1).

Sementara itu, ketiga hal yang harus dibenahi untuk menciptakan Kemenag dengan semangat baru adalah perbaikan kinerja hingga lebih memahami penggunaan teknologi di masa revolusi industri 4.0. ’’Tiga fokus lainnya adalah manajemen kinerja, manajemen risiko, dan pemanfaatan teknologi,’’ tutur dia.

Baca Juga :  Wamenag: Penguatan Moderasi Beragama Dimulai dari KUA

Zainut pun meminta agar semua jajaran strategis Kemenag dapat terys berkomitmen dan berkontribusi secara optimal sesuai tugas, fungsi dan perannya dalam proses implementasi reformasi birokrasi.

Baik di level pusat maupun daerah, kata dia semua harus menjadi teladan dan mampu melibatkan seluruh komponen organisasi, terus mengembangkan inovasi, dan membangun budaya organisasi yang kondusif dalam meningatkan daya saing. ’’Pelaksanaan reformasi birokrasi 2020–2024 agar benar-benar mampu meningkatkan kapasitas birokrasi sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat,’’ imbuh dia.

Baca Juga :  Ingat, Naik Haji Tidak Boleh Pakai Uang Hasil Hutang

Kepada seluruh jajaran pimpinan satuan kerja yang telah membuat kontrak kinerja Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), diminta agar berkomitmen dalam mengkoordinasikan implementasi reformasi birokrasi melalui Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM pada tahun 2021-2024 secara optimal. ’’Sehingga akan terwujud satuan kerja di setiap Wilayah Kementerian Agama Provinsi yang memproleh predikat WBK dan/atau WBBM,’’ tuturnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment