Muncul Kasus Covid-19 Strain Baru di Hotel Bandara Changi Singapura

KalbarOnline.com – Seorang pria asal Korea berusia 24 tahun yang bekerja di sebuah restoran di hotel Crowne Plaza Changi Airport termasuk di antara dua kasus Covid-19 di komunitas. Hal itu diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Singapura pada Rabu (6/1).

Dilansir dari Straits Times, Jumat (8/1), pemegang izin kerja itu juga telah diuji Covid-19. Bahkan pada awalnya positif Covid-19 strain baru yang muncul pertama kali di Inggris. Virus Korona yang lebih menular itu strain B117. Kini pria tersebut sedang menunggu tes konfirmasi lebih lanjut.

Kementerian Kesehatan (MOH) Singapura mengatakan pria itu mengirimkan makanan dalam kemasan kepada awak pesawat dan tamu hotel. Dia tidak berinteraksi dengan pengunjung di restoran selama ini. Pria itu dinyatakan positif saat diswab yang dikumpulkan selama pengujian rutin pada 2 Januari, dan diuji lagi pada Senin (4/1).
Pada hari yang sama, dia mulai mengalami gejala infeksi saluran pernapasan akut.

Baca Juga :  Cegah Klaster Covid-19 Imlek, Singapura Batasi Pertunjukan Barongsai

Baca juga: Masalah Baru di Singapura, Penularan Covid-19 dari Sopir Taksi Online

Hasil tesnya positif Covid-19. Kemudian dia dibawa ke National Center for Infectious Diseases (NCID) dengan ambulans. Hasil tes serologisnya negatif, menunjukkan bahwa kemungkinan dia memang baru terinfeksi saat ini.

Baca Juga :  Lepas Masker dan Batuk di Kerumunan, Pria Singapura Dipenjara 5 Minggu

Ada juga 29 kasus impor yang dikonfirmasi oleh Kemenkes, sehingga total kasus Covid-19 di Singapura menjadi 58.780. Mereka berasal dari beberapa negara antara lain Inggris, India, dan Indonesia.

Baca juga: Mal di Orchard dan Changi Road Singapura Dikunjungi Pasien Covid-19

Secara keseluruhan, jumlah kasus baru di masyarakat meningkat dari dua kasus pada minggu sebelumnya menjadi 12 kasus. Singapura telah mencatat 29 kematian akibat komplikasi Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment