Kompolnas Setor 2 Nama Calon Kapolri ke Presiden, Ini Deretan Jenderal Bintang Tiga Polri

KalbarOnline.com – Mahfud MD selaku Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengaku sudah mengirimkan dua nama yang direkomendasikan untuk mengisi jabatan Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

Kedua nama itu akan dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dimintakan persetujuan lewat DPR.

“Benar, penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas bahwa selaku Ketua Kompolnas saya sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh presiden agar diajukan ke DPR,” ujar Menko Polhukam Mahfud MD dikutip dari akun Twitternya, Jumat, 8 Januari.

Tapi, Mahfud tak menyebutkan kedua nama jenderal yang direkomendasikan itu. Dia hanya menyebut keduanya berpangkat komisaris jenderal.

Baca Juga :  Partai Gelora Banjir Ucapan Selamat Milad ke-1: Presiden, Tokoh Nasional Hingga Artis Sampaikan Harapan Ini

“Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2,” kata dia.

Dari deretan Jenderal Polisi bintang tiga itu ada nama Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, lalu Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu, ada nama-nama dari stuktur internal Polri seperti Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto, dan Kabaintelkam Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel juga muncul

Sementara dari struktur luar Polri ada dua nama yakni Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar dan Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Bambang Sunarwibowo.

Baca Juga :  Tenggat Waktu 11 September, Begini Syarat Dapat Subsidi Pulsa untuk Siswa, Guru, Mahasiswa, dan Dosen

Bursa Kapolri saat ini sedang menjadi sorotan. Sebab, Jenderal Idham Azis tak lama lagi akan memasuki masa pensiun. Banyak spekulasi soal nama-nama yang digadang-gadang bakal menggantikannya.

Idham Aziz menjabat sebagai Kapolri usai dilantik Presiden Joko Widodo pada 1 November 2019. Dia bakal pensiun pada Januari 2021 setelah menjadi orang nomor satu Polri selama kurang lebih satu tahun dua bulan. [rif]

Comment