by

Jokowi Terima 5 Calon Kapolri Baru, Ini Daftarnya

KalbarOnline.com – Pemilihan calon Kapolri baru pengganti Jenderal Pol Idham Azis segera memasuki tahap akhir. Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD membenarkan telah menyetorkan nama-nama kandidat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Benar penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas bahwa selaku Ketua Kompolnas saya sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR. Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2,” kata Mahfud melalui akun twitter resminya @mohmahfudmd, Jumat (8/1).

Mahfud memastikan, jika kandidat yang diajukan seluruhnya berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen). Seluruhnya perwira yang menduduki jabatan strategis di internal dan eksternal Polri.

Yakni Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kabarhakam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, dan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Baca juga: IPW Ungkap Istana Kantongi Dua Nama Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

“Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” tegas Mahfud.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis sudah menyurati Presiden Joko Widodo untuk menunjuk penggantinya di Korps Bhayangkara. Surat dikirim mengingat masa pensiun Idham tidak lama lagi.

Saksikan video menarik berikut ini:

BACA JUGA:  Jokowi Sebut Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Berjalan Baik

Comment