Fakta Tentang Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Mungkin Geng Sehat sering mendengar istilah otak kiri dan otak kanan. Apa sih perbedaan otak kiri dan otak kanan? Keduanya memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Lalu, apakah salah satu di antara keduanya lebih dominan?

Beberapa orang percaya bahwa otak kiri dan otak kanan memengaruhi kepribadian seseorang. Orang yang otak kirinya lebih dominan memiliki pemikiran dan perilaku yang berbeda dengan orang yang otak kanannya lebih dominan.

Untuk menjelaskan hal tersebut, Geng Sehat harus tahu dulu bahwa otak merupakan organ yang kompleks. Otak kiri dan otak kanan dihubungkan oleh sangat banyak saraf. Pada otak yang berfungsi dengan sehat, otak kiri dan otak kanan saling berkomunikasi.

Baca juga: Apa Penyebab Gagap? Yuk, Mengenal Lebih Dekat Gagap Neurogenik!

Teori Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Menurut beberapa pihak, setiap orang pasti memiliki satu sisi otak yang lebih dominan dibandingkan sisi lainnya. Hal ini memengaruhi kepribadian, cara berpikir, dan perilaku seseorang.

Menurut beberapa pihak, orang yang otak kirinya lebih dominan memiliki karakteristik lebih:

  • Analitis
  • Logis
  • Mengutamakan detail dan fakta
  • Numerik
  • Cenderung berpikir dengan kata-kata

Sementara itu, orang yang otak kanannya lebih dominan memiliki karakteristik lebih:

  • Kreatif
  • Berpikir bebas
  • Dapat melihat gambaran besarnya
  • Intuitif
  • Lebih suka memvisualisasi daripada berpikir dalam kata-kata
Baca Juga :  Keren! Dua Kabupaten di Kalbar Hampir Seluruh Penduduknya Terdaftar Program JKN
Baca juga: Terbiasa Multitasking, Baik atau Buruk untuk Otak?

Hasil Penelitian tentang Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Penelitian menunjukkan bahwa teori dominansi perbedaan otak kiri dan otak kanan tidak benar. Pada 2013, satu penelitian menganalisis gambar 3 dimensi otak 1000 orang. Penelitian ini mengukur aktivitas otak kiri dan otak kanan menggunakan pemindai MRI. Hasilnya menunjukkan bahwa setiap orang menggunakan otak kiri dan otak kanan, serta tidak ditemukan adanya sisi yang lebih dominan ketimbang sisi lain.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan aktivitas otak, tergantung dari pekerjaan yang sedang mereka lakukan. Penelitian lain yang dilakukan oleh PLoS Biology menunjukkan bahwa pusat bahasa di dalam otak berada di otak kiri, sementara otak kanan lebih terlibat dalam proses komunikasi nonverbal dan emosi.

Perbedaan Fungsi dan Karakteristik Otak Kiri dan Otak Kanan

Meskipun tidak ada sisi otak yang bekerja lebih dominan dibandingkan sisi lainnya, ada beberapa perbedaan otak kiri dan otak kanan yang perlu diketahui, khususnya terkait fungsinya.

Baca Juga :  Hati-hati, Ini 5 Bahaya Mengurangi Asupan Kalori Berlebihan!

Perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan ada pada:

  • Emosi: proses emosi ada pada otak kanan. Emosi diekspresikan dan dikenali oleh otak kanan.
  • Bahasa: otak kiri lebih aktif dalam proses bicara, dibandingkan dengan otak kanan.
  • Bahasa isyarat: bahasa yang berbasis visual, seperti bahasa isyarat, juga terletak di otak kiri.
  • Penggunaan tangan: orang kidal (yang menggunakan tangan kiri) dan orang yang menggunakan tangan kanan menggunakan otak kiri dan otak kanan secara berbeda. Misalnya, orang kidal menggunakan otak kanan untuk melakukan tugas yang bersifat manual.
  • Perhatian: otak kiri dan otak kanan memiliki objek perhatian yang berbeda. Otak kiri lebih tertarik dalam dunia internal, sementara otak kanan lebih tertarik dunia eksternal. (UH)
Baca juga: Mengenal Penyebab dan Gejala Penyakit Alzheimer Si Pencuri Memori

Sumber:

Medical News Today. Left brain vs. right brain: Fact and fiction. Februari 2018.
PLoS Biology. An Evaluation of the Left-Brain vs. Right-Brain Hypothesis with Resting State Functional Connectivity Magnetic Resonance Imaging. Agustus 2013.
PLoS Biology. Left Brain, Right Brain: Facts and Fantasies. Januari 2014.

Comment