Aktifkan Samsat Keliling Untuk Permudah Warga Bayar Pajak

Aktifkan Samsat Keliling Untuk Permudah Warga Bayar Pajak

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Petugas Penetapan Pajak Samsat Putussibau, Suterman mengatakan, samsat keliling rencananya akan aktif mulai bulan Februari nanti. Pengaktifan samsat keliling untuk membantu masyarakat dalam membayar pajak.

“Mungkin akan keliling lagi bulan Februari,” katanya Jumat (8/1/2021).

Suterman menjelaskan, rencananya pihak Samsat akan memperbanyak berkeliling ke tingkat kecamatan. Akibat pandemi Covid-19 banyak warga yang khawatir.

“Dengan adanya Samsat keliling tentunya bisa membuat masyarakat lebih mudah dalam membayar pajak,” Katanya.

Tiga hari sebelum berkeliling, kata Suterman, pihaknya akan mengirim surat untuk memberitahukan kepada masyarakat di desa dan kecamatan yang akan dikunjungi. Ini supaya masyarakat tahu dan datang untuk bayar pajak ke Samsat keliling.

Baca Juga :  Ria Norsan Harap Haji Kapuas Hulu Dapat Jadi Contoh Masyarakat

“Tiga hari sebelum berkeliling kami beritahukan terlebih dahulu,” katanya.

Suterman mengatakan, samsat  keliling minimal di satu kecamatan bisa dua atau tiga kali mengunjungi masyarakat. Rute kunjungan pelayanan samsat keliling selalu dipersiapkan.

“Masyarakat mengharapkan kami datang ke kecamatan minimal dua kali satu tahun,” katanya.

Semakin mudahnya membayar pajak lewat Samsat keliling, Suterman berharap masyarakat punya kesadaran dalam membayar pajak kendaraan. Sebab dana dari pajak itu juga untuk pembangunan daerah agar lebih maju.

“Dengan mudahnya bayar pajak kita harapkan masyarakat punya kesadaran bayar pajak,” ucapnya.

Baca Juga :  Danrem 121 Kunjungi Desa Paling Pelosok di Kalbar

Suterman juga berharap pihak kecamatan dan desa dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tertib membayar pajak. Untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam membayar pajak, tentu butuh dukungan semua pihak.

“Harus ada kerjasama pemerintah daerah dan masyarakat bukan hanya satu pihak saja,” ungkapnya.

Suterman mengharapkan, dengan dilantiknya Bupati dan wakil Bupati Kapuas Hulu yang baru nanti, ada penambahan armada samsat keliling baru. Ini penting untuk membantu kelancaran masyarakat di tahun 2021 dan tahun seterusnya.

“Kami sudah berusaha semaksimal mungkin mengaktifkan samsat keliling mulai dari servis mobil  serta yang lainya untuk membantu kelancaran kegiatan,” pungkasnya.

Comment