Categories: Nasional

14 Tahanan KPK Positif Covid-19

KalbarOnline.com – Beredar informasi bahwa ada belasan tahanan di Rutan Merah Putih KPK yang terjangkit Covid-19. Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan hal tersebut.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, dari hasil swab PCR yang dilakukan tanggal 7 Januari 2021 terhadap para tahanan yang berada di Rutan Merah Putih KPK, ada 14 orang tahanan dengan hasil positif,” ujar Ali dalam pesan singkatnya, Jumat (8/1).

Ali menjelaskan, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipatif dengan melakukan penelusuran terhadap para petugas rutan. Hal ini tentu perlu dilakukan agar lingkup gedung KPK tidak menjadi klaster baru penularan virus Korona.

“Telah dilakukan rapid test antigen terhadap para petugas pengawal tahanan serta petugas rutan, termasuk juga para tahanan yang berada di Rutan cabang KPK di Gedung C1 maupun Pomdamjaya Guntur. Hasilnya adalah negatif,” kata Ali.

Ia melanjutkan, 14 tahanan yang positif Covid-19 itu telah dipindahkan ke Wisma Atlet untuk menjalani perawatan dan isolasi mandiri dengan pengawasan petugas serta dilakukan sesuai dengan standar protokol kesehatan. Semuanya dipindahkan pada Jumat pagi tadi.

Ali menegaskan, KPK tidak mengendorkan disiplin pencegahan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan KPK dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, baik tamu maupun pegawai KPK.

“Upaya penyemprotan disinfektan berkala seluruh ruang kerja pimpinan, dewas,  pegawai dan Rutan KPK terus dilakukan. Penyemprotan disinfektan  dilakukan untuk seluruh areal gedung, Rutan cabang KPK termasuk ruang JPU KPK di PN Jakarta Pusat, setidaknya pada setiap akhir pekan, termasuk pada ruangan tertentu sesuai kebutuhan untuk dilakukan penyemprotan,” ujar Ali.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

KSDA Kalbar dan BTN Gunung Palung Tangani Kemunculan Orang Utan di Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Bermula dari beredarnya informasi di salah satu media sosial terkait adanya…

32 mins ago

Kadis Kesehatan Ajak Nakes Peran Aktif Turunkan AKI/AKB dan Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Kalimantan Barat, Erna Yulianti mengajak para tenaga…

33 mins ago

Pekan Gawai Dayak ke 38 Siap Digelar

KalbarOnline, Pontianak - Jelang Pelaksanaan Pekan Gawai Dayak (PKD) ke XXXVIII (38) Tahun 2024, Penjabat…

45 mins ago

Lepas Peserta Lomba HKG PKK ke-52 Tingkat Nasional, Kalbar Optimis Pasti Juara

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK…

47 mins ago

Pimpin Apel Senin Pagi, Pj Sekda Zulkarnain Tekankan Soal Kedisiplinan ASN

KalbarOnline, Pontianak – Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak Zulkarnain menekankan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara…

49 mins ago

Inflasi Kota Pontianak Capai 2,77 Persen

KalbarOnline, Pontianak – Angka inflasi Kota Pontianak kini mencapai 2,77 persen. Pj Wali Kota Pontianak,…

51 mins ago