Categories: Nasional

Menristek Dorong Pemakaian GeNose dan CePAD Segera Diresmikan

KalbarOnline.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diminta untuk meresmikan penggunaan alat deteksi Covid-19 GeNose C19 dan alat rapid antigen CePAD. Hal itu disampaikan oleh Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/KaBRIN) Bambang Brodjonegoro.

Hal itu, kata dia, perlu dilakukan agar GeNose dan CePAD menjadi alat skrining standar nasional untuk pemeriksaan Covid-19 di Indonesia. Sehingga bisa membuat pemanfaatan alat tersebut menjadi masif.

“Karena dengan itu, dia akan menjadi rujukan semua pihak di Indonesia, baik pemerintah maupun swasta, pusat maupun daerah. Jadi kuncinya masuk dalam bagian alat skrining yang resmi dan diakui,” jelas dia dalam telekonferensi pers Penyerahan GeNose C19, Kamis (7/1).

Baca Juga: Rapid Antigen CePAD Mampu Produksi 500 Ribu Unit per Bulan

Ia menginginkan GeNose dan CePAD ini dapat dimasukkan ke dalam daftar alat pemeriksaan. Dengan begitu, pengadaannya serta pemanfaatannya juga bisa dilakukan secara resmi.

Setelahnya, pemerintah pun akan terus melakukan pengadaan serta penggunaan GeNose dan CePAD masif di tengah masyarakat. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari alat skrining, sebab telah beredar luas.

“Apalagi sekarang untuk GeNose permintaanya sudah banyak dari swasta dan daerah. Jadi ini harus dinyatakan ini resmi. Sekali lagi kita harus memiliki keberpihakan kepada hasil anak bangsa, ini harus dikedepankan,” ucapnya.

Dia berharap, peresmian itu dapat dilakukan segera. Sebab, ia tidak menginginkan kedua alat tersebut menjadi mubazir.

“Semoga ini tidak mubazir hanya gara-gara kita gagal melakukan sosialisasi dan promosi. Padahal jelas alat-alat ini sangat baik yang sangat handal,” tutup Muhadjir.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pj Bupati Romi Tinjau Persiapan Operasionalisasi SPBU OSO di Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya meninjau langsung persiapan operasionalisasi…

2 mins ago

Polres Kapuas Hulu Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan di Kecamatan Pengkadan

KalbarOnline, Putussibau - Rekonstruksi kasus pembunuhan yang menggemparkan publik Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu berlangsung…

3 mins ago

Lewat PGD 2024, Harisson Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Dayak

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak (PGD) Kalimantan Barat ke-XXXVIII Tahun 2024 di Rumah Radakng…

8 mins ago

Ani Sofian Pimpin Ikrar Netralitas ASN Pemkot Pontianak di Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November mendatang, seluruh kepala perangkat daerah…

48 mins ago

Selain Dijual, Pj Wako Sarankan Nelayan Olah Ikan Hasil Tangkapan

KalbarOnline, Pontianak - Dua unit kapal nelayan tertambat di tepian Sungai Kapuas di Gang H…

51 mins ago

Pj Gubernur Kalbar Resmi Buka Pekan Gawai Dayak ke-38

KalbarOnline, Pontianak – Pekan Gawai Dayak ke-38 Kalimantan Barat (Kalbar) resmi dibuka oleh Pj Gubernur…

53 mins ago