DPR Sebut Minggu Depan Jokowi Kirim Surat Nama Calon Kapolri Baru

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai saat ini tidak menunjukam tanda-tanda akan menyerahkan nama calon Kapolri baru ke DPR RI. Padahal Kapolri Jenderal Pol Idham Azis sudah menyurati Jokowi langsung untuk segera menunjuk penggantinya.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, sampai saat ini belum ada surat dari Jokowi ihwal calon Kapolri baru. Dia memperkirakan surat tersebut akan dikirim ke dewan pada pekan depan, atau pada saat pembukaan masa sidang DPR.

“Sampai hari ini belum (ada surat dari Jokowi), mungkin minggu depan,” kata Dasco saat dikonfirmasi, Kamis (7/1).

Baca Juga :  Atasi Pandemi Covid-19, Jokowi: Pemerintah Sudah Keluarkan Semua Jurus

Baca juga: Ingatkan Jokowi, DPR Sebut Sikap Idham Azis Perwujudan Promoter

Sebagai informasi, anggota DPR RI menjalanu reses sejak 12 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021. Pada 11 Januari 2021, wakil rakyat kemudian akan menggelar rapat pembukaan masa sidang.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis baru-baru ini sudah menyurati Presiden Joko Widodo untuk menunjuk penggantinya di Korps Bhayangkara. Surat dikirim mengingat masa pensiun Idham tidak lama lagi.

“Kapolri Jenderal Idham Azis telah mengajukan surat permohonan penunjukan penggantinya kepada Presiden Joko Widodo,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat dihubungi, Rabu (6/1).

Baca Juga :  KPK Diharapkan Tak Sekedar Tetapkan Setnov Sebagai Tersangka Tapi Pastikan Juga Melalui Proses Pengadilan Hingga ke MA

Argo mengatakan, surat diserahkan kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Namun, dalam surat tersebut Idham tidak merekomendasikan satu nama pun. Dia hanya menyampaikan akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat.

Idham Azis sendiri akan memasuki masa pensiun sebagai anggota Polri pada Februari 2021. Beberapa nama santer disuarakan akan menggantikannya. Di antaranya, Kabarhakam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment