Suib Siap Daftarkan Diri Jadi Orang Pertama di Kalbar yang Divaksin Covid

Suib Siap Daftarkan Diri Jadi Orang Pertama di Kalbar yang Divaksin Covid

KalbarOnline, Pontianak – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suib mengaku siap mendaftarkan diri untuk menjadi orang pertama yang akan menerima suntikan vaksin Covid-19 di Kalbar. Menurutnya, publik figur harus memberikan contoh kepada masyarakat.

“Saya pribadi akan mendaftarkan diri untuk divaksin. Anggota DPRD sebagai publik figur, harus memberikan contoh,” ujarnya saat diwawancarai wartawan di Pontianak, Rabu (6/1/2021).

Namun demikian, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalbar ini menegaskan bahwa pernyataan siap untuk divaksin bukan merupakan bentuk sikap gagah-gagahan, namun sebagai upaya untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat Kalbar bahwa vaksin Covid-19 aman.

“Saya tidak ragu, dan ini bentuk untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa vaksin covid-19 aman,” tegasnya.

Baca Juga :  Bupati Jarot Sebut 90 Persen Kasus Covid-19 di Sintang Disebabkan Kasus Impor

Selain itu, Suib juga menegaskan bahwa sikapnya itu juga dalam rangka merespon upaya pemerintah dalam menanggulangi covid-19.

Sejumlah tokoh Kalbar pun dikabarkan siap menjadi orang pertama yang akan divaksin. Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson, ada sejumlah pejabat dari unsur forkopimda yang telah diusulkan ke Kemendagri untuk dilakukan vaksin.

Beberapa pejabat itu, disebutkan Harisson di antaranya Kapolda dan Wakapolda Kalbar, Kepala BPKP Kalbar, Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur, Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin dan sejumlah pejabat lain termasuk dirinya sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar.

“Kita sudah mengusulkan kepada Mendagri, nanti ada Pak Kapolda, Pak Wakapolda, Kepala BPKP Kalbar, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi. Dari unsur DPRD Kalbar itu ada Pak Prabasa. Kemudian Ketua DPRD Kota Pontianak, Pak Satarudin, masih ada beberapa orang lagi yang masih akan kita usulkan,” ujarnya saat diwawancarai wartawan.

Baca Juga :  Bupati Martin Sebut Anastasius Bantang Banyak Hasilkan Karya Bermanfaat Bagi Masyarakat Ketapang

Sampai saat ini, kata Harisson, orang-orang yang disebutkannya itu, bersedia untuk dilakukan vaksinasi sehari setelah Presiden Joko Widodo dan jajaran Menteri Kabinet dilakukan vaksinasi.

“Jadi nanti tanggal 13 Januari, Bapak Presiden beserta Menteri akan divaksin. Di tingkat provinsi, tanggal 14 Januari akan ada pencanangan vaksinasi covid-19, yang nanti yang akan divaksinasi pertama kali adalah dari unsur forkopimda, pejabat-pejabat, tokoh masyarakat dan ulama. Sedangkan untuk kabupaten/kota diharapkan juga melaksanakan itu setelah provinsi. Untuk pelaksanaan pencanangan vaksinasi tingkat provinsi sendiri rencananya akan dilakukan di Pendopo Gubenur Kalbar. Yang pertama kali akan divaksin di provinsi hanya 10 orang,” terangnya.

Comment