Profesor Ali Munhanif dan Profesor Amelia Fauzia Dikukuhkan Jadi Guru Besar UIN Jakarta

KalbarOnline.com — Rektor UIN Jakarta Profesor Amany Lubis secara resmi mengukuhkan dua guru besar baru, Profesor Ali Munhanif dan Profesor Amelia Fauzia, di Gedung Auditorium Utama, Rabu (6/1/2021). Selain dihadiri pimpinan senat dan sivitas akademik UIN Jakarta, pengukuhan juga dihadiri Menteri Agama RI 2014-2019 Lukman Hakim Saifuddin M.Si, Sekjen Kementerian Agama Profesor M. Nizar, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI sekaligus Ketua IKALUIN UIN Jakarta Dr. TB Ace Hasan Syadzili. Pengukuhan sendiri dilakukan secara daring mengikuti protokol kesehatan di era pandemi.

Pengukuhan kedua guru besar baru ditandai dengan pemakaian kalung guru besar, penyampaian Surat Keputusan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi RI, dan piagam pengukuhan oleh Rektor. Selain itu, pengukuhan juga ditandai penyampaian orasi ilmiah keduanya dimana Profesor Ali menyampaikan pidato berjudul ‘Negara, Demokrasi dan Politik Sentimen Primordial di Era Digital’ dan Profesor Amelia menyampaikan orasi berjudul ‘Negara, Civil Society dan Kemanusiaan dalam Lintasan Sejarah Filantropi Islam di Indonesia’.

Dalam sidang pengukuhannya, Rektor menyampaikan pengukuhan kedua guru besar ini didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 35061 tahun 2019 dan 35060 tahun 2019 yang menetapkan pangkat akademik guru besar keduanya. “Dengan ini saya mengukuhkan Profesor Ali Munhanif sebagai guru besar ilmu politik pada FISIP dan Profesor Amelia Fauzia sebagai guru besar Ilmu sejarah Islam Indonesia FAH UIN Jakarta,” ucapnya.

Baca Juga :  Junaidi Auly: Pandemi, Pengawasan Dana Desa Perlu Perhatian Serius

Atas nama pribadi dan sivitas akademi UIN Jakarta, Rektor juga menyampaikan selamat dan apresiasi atas capaian dua profesor baru tersebut. “Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan taufiq dalam mengemban tugas mulia ini dengan pengabdian yang tinggi. Atas nama senat, saya mengucapkan selamat atas pengukuhan guru besar UIN Jakarta ini,” tambahnya.

Ditambahkan Rektor, pengukuhan kedua guru besar di bidang ilmu politik dan sejarah filantropi memunculkan optimisme besar UIN Jakarta mampu mengkontribusikan peran optimal dalam pengembangan keilmuan kedua bidang ilmu tersebut. “Kehadiran kedua guru besar diharapkan menjadi magnet bagi UIN Jakarta dalam pengembangan keilmuan politik dan filantropi,” imbuhnya.

Baca Juga :  Menteri Terawan Diisukan Positif Covid-19, Ini Penjelasan Humas

Secara khusus, Rektor juga menyampaikan apresiasi atas kedua guru besar yang dilantik atas dedikasi keduanya dalam mengembangkan fakultas dan lembaga yang kini dipimpin keduanya. Diketahui Profesor Ali merupakan Dekan FISIP, sedang Profesor Amelia selain memimpin Prodi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam juga Direktur Lembaga Sosial Kemanusiaan Social Trust Fund UIN Jakarta.

“Profesor Ali telah berdedikasi memajukan FISIP UIN Jakarta dan mendorong internasionalisasinya yang cukup monumental. Begitu juga Profesor Amelia melalui lembaga filantropi STF UIN Jakarta telah secara aktif dan koperatif membantu penanganan dampak Covid 19 bagi sivitas dalam bentuk bantuan logistik, beasiswa, maupun kesehatan,” tandasnya. (ind)

Comment