Pembangunan Puskesmas Bunut Hulu Dilanjutkan 2021

Pembangunan Puskesmas Bunut Hulu Dilanjutkan 2021

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pembangunan Puskesmas Bunut Hulu kembali dilanjutkan tahun 2021. Hal ini disampaikan Sudarso selaku Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu. Pembangunan Puskesmas tersebut diketahui sempat terhenti lantaran pandemi covid-19.

“Tahun ini memang tidak dilanjutkan pembangunannya, karena anggarannya tidak tersedia akibat pemotongan dalam penanganan Covid – 19,” ungkap Sudarso.

Pembangunan Puskesmas yang ada di Kecamatan Bunut Hulu itu dimulai pada tahun 2019 dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp8 milyar, pembangunannya pun terpaksa terhenti tahun 2020 akibat Covid – 19.

Sudarso pun memastikan jika tahun 2021 pembangunan Puskesmas itu akan dilanjutkan dengan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU), soalnya Pemkab Kapuas Hulu sudah menyediakan anggaran sebesar Rp 6 milyar.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Buka Open Turnamen Menarin Cup

“Januari 2021 sudah lelang untuk proyek tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut Sudarso menjelaskan, secara struktur bangunan Puskesmas Bunut Hulu itu semuanya sudah selesai. “Tahun depan finishing lantai keramik, plafon, pengecatan, instalasi listrik, pintu jendela ventilasi,” papar dia.

Terkait penyelesaian bangunan Puskesmas Bunut Hulu tersebut kata Sudarso sudah dibahas dengan Kemenkes RI awal tahun 2020.

Menurutnya sesuai peraturan dana DAK, jika bangunan tidak selesai maka tanggungjawab daerah melanjutkannya dengan menggunakan DAU.

“Mengingat 2020 anggaran DAU tidak ada karena fokus penanganan Covid – 19 dan penyelenggaraan Pilkada. Maka 2021 baru dapat dialokasikan sebesar Rp6 M melalui DAU,” jelasnya.

Baca Juga :  Walau Sempat Diguyur Hujan, Puluhan Ribu Masyarakat Kapuas Hulu Tetap Khusyuk Ikuti Tabligh Akbar bersama UAS

Sudarso mengungkapkan, pihaknya tidak mungkin melakukan pembiaran terhadap pembangunan yang sifatnya pada pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Lagipula pelayanan kesehatan masih berjalan lancar seperti biasa di Puskesmas lama di Desa Nanga Suruk.

“Maka dari itu kita harapkan masyarakat dapat bersabar menunggu pembangunan Puskesmas di Kecamatan Bunut Hulu selesai,” ujarnya.

Pada tahun 2021 nanti kata Sudarso, ada beberapa pembangunan pelayanan kesehatan yang dilanjutkan seperti lanjutan pembangunan ruang Inap dan IGD RSUD Ahmad Diponegoro Putussibau.

“Sementara untuk pembangunan baru ada dua yakni pembangunan Puskesmas Putussibau Selatan dan Hulu Gurung,” pungkasnya.

Comment