Keguguran Berulang Bisa Menyebabkan Diabetes

Keguguran memang menjadi hal yang ditakutkan semua Mums yang tengah hamil. Ada banyak penyebab keguguran, dan juga risikonya. Menurut peneitian terbaru, wanita hamil yang mengalami keguguran lebih dari sekali, berisiko tinggi terkena diabetes di kemudian hari.

Hal tersebut ditemukan melalui penelitian di Denmark. Para peneliti memeriksa data pada 25.000 wanita asal Denmark yang lahir antara 1957 hingga 1997 dan didiagnosisi diabetes tipe 2 antara tahun 1977 hingga 2017. Mereka dibandingkan dengan kelompok yang terdiri dari 248.000 wanita yang tidak menderita diabetes.

“Dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah keguguran, ibu hamil yang pernah keguguran sekali, dua atau tiga kali, berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2,” kata peneliti, Pia Egerup dari Copenhagen University Hospital.

Baca juga: Keguguran pada Awal Kehamilan Dapat Memicu Gejala Stres Pasca-Trauma

Keguguran Berulang Bisa Menyebabkan Diabetes

Semua wanita hamil yang pernah mengalami keguguran akibat kelainan kromosom pada janin, berpeluang lebih tinggi untuk menderita diabetes tipe 2 di kemudian hari. Jadi, risiko diabetes tipe 2 pada wanita tidak disebabkan karena obesitas saja lho!

Baca Juga :  Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Akupuntur?

Penelitian yang diterbitkan pada 20 Mei di jurnal Diabetologia menemukan bahwa keguguran dapat menyebabkan diabetes tipe 2 di kemudian hari. Peluang memiliki diabetes semakin besar jika sebelum hamil, wanita juga memiliki kondisi metabolik atau prediabetik.

Oleh karena itu, Pia menyarankan agar wanita hamil yang pernah mengalami keguguran lebih dari sekali, harus lebih sering mengecek kadar gula darahnya untuk mengurangi risiko diabetes dan memulai pengobatan lebih awal jika diperlukan.

Baca juga: Rainbow Baby, Si Kecil yang Hadir Setelah Keguguran

Tips untuk Wanita dengan Diabetes yang Mau Hamil

Apabila wanita dengan diabetes ingin hamil, ada beberapa tips yang harus mereka perhatikan. Yang terpenting ialah, menjaga gula darahnya terkontrol dengan baik sebelum dan selama kehamilan. Mengontrol gula darah secara teratur bisa meminimalisir seorang wanita mengalami masalah umum diabetes selama kehamilan. Beberapa tips untuk wanita dengan diabetes yang ingin hamil.

  • Rencanakan kehamilan. Sebelum hamil, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui efek diabetes pada tubuh Kamu. Dokter akan memberikan obat agar gula darah Kamu tetap terkendali dan mungkin, akan mengganti obat yang biasa dikonsumsi. Jika memiliki kelebihan berat badan, dokter akan menyarankan untuk menurunkan berat badan terlebih dahulu sebelum hamil.
  • Kontrol kehamilan lebih sering. Selama kehamilan, wanita dengan diabetes harus lebih melakukan pemeriksaan untuk mencegah atau mendeteksi masalah sejak dini.
  • Konsumsi makanan sehat. Untuk mengontrol gula darah, Mums harus mengonsumsi makanan sehat. Jika diperlukan, mintalah dokter untuk membantu Mums membuat rencana makan yang sehat selama kehamilan.
  • Olahraga dengan teratur. Olahraga merupakan cara lain untuk mengendalikan gula darah karena dapat membantu menyeimbangkan asupan makanan. Setelah memeriksakan diri ke dokter, Kamu bisa rutin berolahraga sebelum, selama, dan setelah kehamilan. Lakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang seperti jalan cepat atau berenang, setidaknya 30 menit, lima kali dalam seminggu.
Baca Juga :  Suplemen Terbaik untuk Diabetes
Baca juga: Makanan yang Membuat Keguguran, Mitos atau Fakta?

Referensi:

U.S.News. Lost Pregnancies, Diabetes May Be Linked

MedpageToday. Miscarriage: Predictive of Type 2 Diabetes?

CDC. Type 1 or Type 2 Diabetes and Pregnancy

Comment