Pontianak Penerima Vaksin Perdana di Kalbar

Pontianak Penerima Vaksin Perdana di Kalbar

Pemkot Pontianak Siapkan Ruang Penyimpanan Vaksin

KalbarOnline, Pontianak – Kota Pontianak menjadi daerah pertama di Kalimantan Barat (Kalbar) yang akan menerima vaksin Covid-19. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerangkan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan diantaranya mempersiapkan freezer atau ruang penyimpanan vaksin di Gudang Farmasi milik Dinas Kesehatan Kota Pontianak.

“Selanjutnya tinggal dilakukan persiapan untuk proses vaksinasi,” ujarnya.

Untuk perdana, vaksin Sinovac akan disuntikkan secara simbolis pada tanggal 14 Januari 2021 mendatang di Pontianak. Edi menambahkan, penerima vaksin yang menjadi prioritas adalah tenaga kesehatan (nakes). Terkait efektivitas vaksin, Edi menyebut masyarakat diharapkan mempercayakan kepada pemerintah. Menurutnya, pemerintah pusat dalam hal ini tentu sudah memperhitungkan efektivitas vaksin tersebut.

Baca Juga :  RSUD SSMA Pontianak Gelar Penyuluhan MPASI Kaya Protein dan Bagi Telur Gratis Cegah Stunting

“Kita berharap dengan proses vaksinasi tersebut, kasus Covid-19 bisa ditekan penyebarannya,” tuturnya.

Terkait perkembangan kasus Covid-19 di Kota Pontianak, ia mengungkapkan saat ini sudah mulai menurun, baik tingkat ketertularan maupun yang dirawat di rumah sakit.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Buka 233 Formasi CPNS

“Jumlah yang terkonfirmasi positif tidak sebanyak pada saat zona merah yang sempat terjadi di Pontianak beberapa waktu lalu,” ungkap Edi.

Dirinya mengimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa melawan pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terjadi. Demikian pula kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan, masyarakat diminta tetap disiplin menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagian besar masyarakat sudah terbiasa dengan penerapan protokol kesehatan,” katanya. (prokopim)

Comment