Ahli Singapura Ungkap Cara Jitu Kendalikan Mutasi Strain Baru Covid-19

KalbarOnline.com – Singapura melakukan langkah-langkah terukur untuk menahan penyebaran Covid-19 strain baru mutasi virus Korona. Virus itu diyakini menyebar cepat yang awalnya muncul di Inggris dan diyakini cepat menular.

Sejauh ini Singapura sudah menemukan kasus terkonfirmasi dengan strain B117 yang lebih menular tersebut. Dia adalah seorang warga Singapura berusia 17 tahun yang tiba dari Inggris pada 6 Desember 2020. Setidaknya ada 13 orang lainnya dengan tes awal positif untuk strain baru tersebut, termasuk seorang pilot Singapore Airlines dan pemegang izin kerja yang kembali dari Inggris.

Para pakar di Singapura memiliki saran agar masyarakat tetap mengendalikan penyebaran virus tersebut dengan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya memakai masker dan menjaga jarak.

Baca juga: Masalah Baru di Singapura, Penularan Covid-19 dari Sopir Taksi Online

“Masyarakat tidak perlu terlalu khawatir tentang (strain baru), terutama jika orang terus mempraktikkan langkah-langkah manajemen aman individu seperti mengenakan masker dan jarak sosial,” kata Dekan Universitas Nasional Singapura (NUS) Saw Swee Hock Sekolah Kesehatan Masyarakat, Profesor Teo Yik Ying, seperti dilansir dari AsiaOne, Selasa (5/1).

Seorang ahli penyakit menular yang muncul di Sekolah Kedokteran Duke-NUS, Profesor Ooi Eng Eong, mengatakan langkah-langkah pengendalian saat ini seharusnya sudah cukup karena varian Inggris masih menyebar melalui tetesan pernapasan. Namun, menurutnya banyak hal dapat berubah jika melihat transmisi varian dari Inggris yang tidak dapat dihilangkan sejak awal melalui pelacakan dan pengujian kontak.

Baca Juga :  Gara-gara Meludah, Merpati Milik Warga Ini Mati

Baca juga: Mal di Orchard dan Changi Road Singapura Dikunjungi Pasien Covid-19

Wakil dekan penelitian di Saw Swee Hock School Associate, Professor Alex Cook menjelaskan jenis virus B117 dilaporkan 70 persen lebih cepat menular. Namun, belum menunjukkan tanda-tanda yang lebih mematikan atau parah. Analisis di Inggris menemukan bahwa varian tersebut terkait dengan viral load yang lebih tinggi dalam sampel pernapasan, yang mungkin menjadi alasan mengapa virus lebih dapat ditularkan.

Langkah Singapura

Singapura telah memberlakukan pembatasan perjalanan terhadap Inggris, melarang semua pemegang izin jangka panjang dan pengunjung jangka pendek yang telah berada di sana dalam 14 hari terakhir untuk masuk atau transit melalui Singapura. Mulai Senin (4/1) pembatasan yang sama akan berlaku bagi pelancong dari Afrika Selatan, tempat virus lain yang berpotensi lebih menular beredar.

Terkait apakah ada kebutuhan untuk merevisi pemberitahuan tinggal di rumah lebih dari 14 hari sehubungan dengan jenis yang lebih menular, para ahli mengatakan tidak perlu karena hanya ada beberapa orang yang muncul dengan infeksi setelah masa karantina. Prof Ooi mengatakan keseimbangan pencegahan kasus diperlukan untuk menjaga langkah-langkah kesehatan masyarakat berkelanjutan.

Baca Juga :  Pengemudi Mobil Sedan Ditangkap karena Mencuri Tiang Listrik

Baca juga: Alarm untuk Singapura, 2 Keluarga Siswa Jadi Klaster Lokal Covid-19

Prof Cook menyarankan untuk meningkatkan jumlah tes bagi mereka yang menjalani karantina. Untuk melindungi negara dari strain yang lebih menular, 90 persen atau lebih populasi Singapura mungkin perlu divaksinasi.

Spesialis penyakit menular Singapura, Leong Hoe Nam mengatakan virus ini bermutasi menjadi strain yang lebih ringan atau strain yang lebih mudah menular. Cara terbaik untuk menghentikan munculnya varian baru adalah dengan menghentikan wabah Covid-19.

Direktur Sementara dari Duke-NUS Medical School’s Emerging Program Penyakit Menular, Profesor Gavin Smith, menilai kebanyakan mutasi bersifat netral. Mutasi tidak mengubah perilaku virus.

“Tetapi kadang-kadang akan ada mutasi yang mengubah perilaku virus dengan cara yang tidak dapat diprediksi. Jadi penting bahwa badan kesehatan masyarakat dan ilmuwan tetap waspada dan melacak setiap varian baru yang mungkin muncul,” kata Prof Gavin.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment