10 Eks Menhan AS Peringatkan Trump Soal Pelibatan Militer untuk Membatalkan Hasil Pemilu

KalbarOnline.com – Sepuluh mantan kepala Departemen Pertahanan AS memperingatkan Presiden Donald Trump atas upayanya untuk membatalkan hasil pemilihan presiden melalui penggunaan militer AS.

Sepuluh mantan pejabat itu, berasal dari Demokrat dan Republik, menandatangani artikel opini yang diterbitkan di The Washington Post yang secara implisit mempertanyakan kesediaan Trump untuk mengikuti tugas Konstitusionalnya untuk melepaskan kekuasaan secara damai pada 20 Januari.

Artikel opini ditandatangani oleh Dick Cheney, William Perry, Donald Rumsfeld, William Cohen, Robert Gates, Leon Panetta, Chuck Hagel, Ash Carter, James Mattis dan Mark Esper.

Mereka menyatakan, setelah pemilihan 3 November dan rekapitulasi ulang di beberapa negara bagian, di samping sejumlah gugatan hukum yang gagal, hasilnya jelas, namun mereka tidak menyebutkan Trump dalam artikel tersebut.

Baca Juga :  Ledakan Beirut Sebabkan Kerusakan Parah, Satu WNI Jadi Korban Luka

“Waktu untuk mempertanyakan hasil telah berlalu, waktu untuk penghitungan resmi suara elektoral perguruan tinggi, sebagaimana ditentukan dalam Konstitusi dan undang-undang, telah tiba,” tulis mereka seperti dilansir dari Presstv, Selasa (5/1/2021).

Kongres AS akan memberikan suara Rabu (6/1/2021) untuk mengesahkan kemenangan pemilihan Biden dalam pemilihan presiden 3 November di tengah kekhawatiran bahwa panglima tertinggi mungkin menggunakan militer untuk mengejar agendanya.

“Upaya untuk melibatkan angkatan bersenjata AS dalam menyelesaikan sengketa pemilu akan membawa kami ke wilayah yang berbahaya, melanggar hukum, dan tidak konstitusional,” tulis mereka.

“Pejabat sipil dan militer yang mengarahkan atau melaksanakan tindakan tersebut akan bertanggung jawab, termasuk kemungkinan menghadapi hukuman pidana, atas konsekuensi berat dari tindakan mereka di republik kita.”

Baca Juga :  Beredar Kabar Jokowi Ajukan Nama Boy Rafli Amar Jadi Calon Kapolri, Ini Profilnya

Presiden Trump belum mengakui kekalahan dalam pemilihan 3 November, mengklaim sebagai pemenang sebenarnya dari pemilihan tersebut.

Mantan menteri pertahanan menulis bahwa transfer kekuasaan “sering terjadi pada saat ketidakpastian internasional tentang kebijakan dan postur keamanan nasional AS,” menambahkan, “Itu bisa menjadi momen ketika bangsa rentan terhadap tindakan musuh yang berusaha mengambil keuntungan dari situasi tersebut.

Biden telah berbicara tentang upaya pejabat Pentagon yang ditunjuk Trump untuk menghalangi transisi kekuasaan yang mulus, bukan pada hari pelantikan. [ind]

Comment