Best Mobile Photography: OPPO Reno4

Fitur imaging masih menjadi andalan bagi para vendor untuk menarik hati para pengguna. Maklum, tren mobile photography, memotret –dan juga merekam video—menggunakan smartphone terus meningkat. Tak ada tanda-tanda menurun.

Kegemaran pamer foto diri, suasana liburan, dan apa saja, di media sosial, menjadi pendorong paling besar akan kebutuhan smartphone dengan kamera. Tren ini disikapi pihak vendor, dengan terus mengembangkan fitur kamera pada lini produknya. Baik dari sisi hardware maupun software.

Sekarang pertarungan fitur kamera, tidak lagi sekadar besar-besaran resolusi kamera. Tetapi sudah bergeser ke fitur penunjang dan software-nya juga. Tahun 2020 ini, diwarnai dengan kehadiran banyak smartphone kamera yang makin canggih. Resolusi kamera yang besar dan fitur pendukung yang menyenangkan dan lengkap.

Di antara sederetan smartphone kamera untuk mobile photography, yang rilis di sepanjang tahun 2020, Kami memilih OPPO Reno4 sebagai smartphone untuk MOBILE PHOTOGRAPHY TERBAIK.

Tentu pilihan ini tidak dilakukan asal-asalan. Ada banyak pertimbangan sebelum mendaulat OPPO Reno4 sebagai yang terbaik untuk kategori Mobile Photography. Yang paling utama adalah, smartphone andalan OPPO ini memang menunjukkan kinerja dan hasil foto (dan juga video) yang sangat baik, dibanding yang lain.

SPESIFIKASI DAN KUALITAS KAMERA

Lengkap di sini bukan berarti hanya jumlah kamera yang dipasangkan saja. Tetapi spesifikasi kameranya juga. Di belakang, bertengger quad camera, dengan kamera utama sebesar 48 Mpix. Bukaan (diafragma) kamera utama sebesar f/1.7, angka bukaan yang besar untuk mendukung pemotretan malam dengan baik.

Tiga kamera lainnya, terdiri dari 8 Mpix kamera yang didedikasikan untuk pengambilan sudut lebar, memberi ruang tangkap yang lebih luas dan foto lanskap yang lebih utuh. Lensa sudut lebar yang dimiliki smartphone ini, sudah dilengkapi teknologi yang meminimalisir efek lengkung (fish eye).

Dua kamera lainnya adalah, 2 Mpix kamera yang didedikasikan untuk macro photo, serta kamera 2Mpix depth lens, untuk memberi kedalaman dimensi pada foto. Dengan konfigurasi ini, OPPO Reno4 sangat bisa diandalkan untuk membuat sebuah foto yang tajam dan memberi opsi kreasi foto yang beragam untuk pengguna.

Baca Juga :  Kaspersky : Asia tenggara Tanah Subur Pembayaran Online

PERFORMA CIAMIK

Percuma memiliki kamera dengan ukuran resolusi besar bila tak ditunjang dengan kinerja yang apik. Dan yang membuat OPPO Reno4 ini mengungguli pesaingnya dalam fitur kamera, adalah performa kamera yang ciamik. Kameranya bisa menghasilkan foto yang bagus dalam kondisi (pemotretan) apapun. Mulai dari siang hari yang cerah hingga malam hari.

Pada kondisi daylight yang cerah, kamera OPPO Reno4 mampu menghasilkan foto yang tidak saja tajam dengan kerapatan pixels yang tinggi, namun juga mampu menghasilkan keseimbangan warna yang baik, warna-warna yang padat tanpa menghilangkan unsur naturalnya.

Best Mobile Photography: OPPO Reno4 2

Sementara adalam kondisi lowlight dan malam hari, diafragma (bukaan) sebesar f/1.7 memainkan perannya dengan sempurna untuk menangkap dan merekam cahaya minim tanpa kehilangan ketajaman hasil foto. Bahkan warna asli obyek masih nampak jelas, tidak nampak pias terkena efek cahaya sinar lampu.

Kinerja autofocus juga ciamik, mampu dengan cepat dan akurat menangkap focus pada obyek yang diinginkan. Bahkan ketika dipakai memotret obyek dalam jarak dekat (macro mode).

FITUR INOVATIF

OPPO Reno4 hadir dengan kelengkapan fitur kamera yang inovatif, yang beberapa di antaranya belum dimiliki smartphone kamera pesaing. Itulah yang membuat smartphone ini menjelma menjadi perangkat kamera portable dahsyat. Fitur-fitur yang dimilikinya, membuat pengguna memiliki opsi membuat foto lebih kreatif dan impresif.

Best Mobile Photography: OPPO Reno4 3

Fitur-fitur itu, di antaranya, AI Color Portrait. OPPO membuat terobosan dengan mengembangkan fungsi pengisolasian warna pada foto, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya. Hasilnya, sebuah foto hitam putih dengan obyek (utama) yang sepenuhnya berwarna.

Banyak yang mampu diajak memotret malam hari. Namun OPPO Reno4 mampu menghasilkan foto selfie di malam hari yang sejernih seperti saat siang hari. Itu dimungkinkan berkat moda AI Super Night Portrait yang dimilikinya. Fitur satu ini cocok untuk mengambil foto selfie pada kondisi temaram seperti di dalam sebuah bar atau di bawah lampu penerangan jalan.

Baca Juga :  TV Pintar Pertama Realme Mendarat di Tanah Air, Segini Harganya

Reno4 menggabungkan serangkaian algoritma AI termasuk HDR, yang secara instan menangkap dan menggabungkan beberapa frame pada berbagai tingkat pencahayaan, pengenalan wajah, dan penekanan highlight, yang mencerahkan foto potret tanpa mengekspos latar belakang secara berlebihan. Hasilnya, potret yang lebih cerah, lebih jelas, dan berkualitas lebih baik di malam hari.

Satu fitur lain yang membuat OPPO Reno4 tampil terdepan adalah inovasi AI Night Flare Portrait. Moda ini menghasilkan efek neon yang artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang. AI Night Flare Portrait menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada pencahayaan rendah untuk mencerahkan foto di lingkungan dengan cahaya redup, sekaligus menambahkan efek latar belakang bokeh. Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah.

Fitur AI Super Clear Portrait akan meningkatkan detail pada saat mengambil foto potret. Reno4 F menggunakan teknologi rekonstruksi wajah yang dilengkapi degan sebuah kecerdasan buatan dan teknologi deep learning yang membuat detail wajah seperti alis dapat ditingkatkan atau direkonstruksi untuk memastikan foto potret yang lebih jelas.

AI Beautification 2.0, fitur AI beautification generasi ke-2, yang telah disesuaikan untuk preferensi kecantikan dengan mempertahankan warna kulit alami tanpa menghilangkan detail. Lalu ada pula Dual Lens Bokeh, untuk mencapai bokeh dengan bidikan dengan banyak orang dalam satu frame dan juga pada fungsi video. Reno4 menggunakan solusi berbasis perangkat lunak dan perangkat keras untuk menjalankan pemrosesan gambar dengan kedalaman pada Depth Camera 2MP dan kamera utama 16MP.

Dengan semua keunggulan itu, kami tidak mendapuk OPPO Reno4 sebagai “BEST MOBILE PHOTOGRAPHY SMARTPHONE 2020”. Mengungguli para pesaing terdekatnya.

The post Best Mobile Photography: OPPO Reno4 appeared first on KalbarOnline.com.

Comment