Khawatir Pembukaan Sekolah, Pemerintah Akan Evaluasi SKB 4 Menteri

KalbarOnline.com – Pemerintah rencananya akan melakukan evaluasi implementasi Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Di mana pada Senin (4/1) besok, terdapat sejumlah daerah yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Sartono. Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat lintas kementerian membahas hal tersebut. Mengingat kasus positif dalam beberapa hari terakhir terus meningkat.

“Kemarin saya ditanya apakah akan dibuka kembali, saya mengatakan bahwa jujur saya baru minggu depan, Selasa (5/1) atau Rabu (6/1) akan membahas lintas kementerian tentang bagaimana perkembangan implementasi SKB 4 Menteri ini,” ujar dia dalam diskusi daring Outlook Pendidikan Indonesia 2021, Minggu (3/1).

Baca Juga :  Pesan Satgas Agar Belajar Tatap Muka Tidak Menimbulkan Klaster Covid-1

Bahkan, dirinya mengaku khawatir apabila PTM dilaksanakan, hal ini akan menjadi bumerang bagi dunia pendidikan Indonesia. Bukannya pembelajaran terlaksana dengan baik, malah nanti menjadi klaster Covid-19 yang baru.

“Karena kalau melihat kondisi peningkatan Covid ini, kita juga khawatir kalau kita serta merta membuka sekolah,” ungkap dia.

Kata Agus, pihaknya perlu mengecek kembali bagaimana kesiapan satuan pendidikan, baik itu sekolah maupun madrasah, seperti sekolah mana yang telah mengisi daftar periksa hingga seberapa banyak yang telah di evaluasi oleh kepala dinas pendidikan (disdik) kabupaten/kota dan Kemenag kabupaten/kota.

Baca Juga :  Gubernur Ganjar Hentikan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Jateng

Baca juga: Kemendikbud Ingatkan Sekolah Tatap Muka Diperbolehkan, Bukan Wajib

Meskipun khawatir, kabar baiknya adalah tibanya vaksin di Indonesia. Namun, tentunya dunia pendidikan akan masih mengalami kendala untuk proses pembelajaran di 2021.

“Harapannya di 2021 ini kondisi akan semakin baik, karena memang vaksin juga sudah mulai berdatangan dan pemerintah akan segera melakukan program vaksinisasi kepada masyarakat. Dengan demikian, maka diharapkan pandemi ini akan berangsur-angsur membaik dan kegiatan masyarakat bisa berangsur pulih,” tutup dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment