Dinkes Kapuas Hulu: Penerima Vaksin Tahap Awal Ditentukan Pusat

Dinkes Kapuas Hulu: Penerima Vaksin Tahap Awal Ditentukan Pusat

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pemerintah Indonesia telah merencanakan melakukan vaksinasi terhadap seluruh warga negara, untuk menangkal penularan Coronavirus Disease (2019). Adapun vaksin yang akan diberikan gratis kepada masayrakat adalah vaksin sinovac.

Terkait dengan vaksinasi tersebut, Pemerintah Pusat melalu Kementerian Kesehatan telah menentukan siapa saja yang mendapatkannya di tahap awal. Ada beberapa warga Kapuas Hulu yang telah menerima sms terkait vaksinasi tersebut. Salah satu profesi yang akan mendapat vaksinasi tahap awal adalah tenaga kesehatan.

“Untuk sasaran vaksinasi itu memang dari Pemerintah Pusat,” terang Herberi Karo Sekali, Kabid P2PL pada Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Minggu (3/1/2021).

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Motivasi Peserta Seleksi Tenaga Kontrak Dinkes Kapuas Hulu

Herberia belum memastikan kapan pastinya pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat. Namun kabar yang ia terima adalah tenaga kesehatan jadi prioritas utama.

“Kabar yang saya terima begitu, tenaga kesehatan jadi prioritas di vaksinasi tahap pertama,” ujarnya.

Sejauh inipun vaksin Covid-19 belum ada yang sampai di Kapuas Hulu. Sebab itu, Herberia belum memastikan vaksinasi dilakukan dalam waktu dekat.

“Kapan pastinya vaksinasi itu kita belum tahu, vaksinya saja belum sampai di kita,” ujarnya.

Baca Juga :  GOW Kapuas Hulu Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Covid

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat dilaksanakan setelah dikeluarkannya Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pada tahapan pertama, kelompok prioritas penerima vaksin adalah 1,319 juta tenaga kesehatan serta penunjang pada seluruh fasilitas pelayanan kesehatan, petugas tracing kasus Covid-19 dan juga 195.000 petugas pelayan publik esensial sebagai garda terdepan seperti TNI Polri, Satpol PP, petugas pelayan publik transportasi (petugas bandara, pelabuhan, KA, MRT, dll) termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama di seluruh Indonesia.

 

Comment