Peneliti Inggris Temukan Terapi Netralkan Covid-19 pada Pasien OTG

KalbarOnline.com – Di tengah perjuangan para peneliti menemukan vaksin untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Covid-19, peneliti lainnya juga menemukan terapi agar seseorang bisa terhindar dari kondisi yang parah saat sudah terpapar Covid-19, seperti Orang Tanpa Gejala (OTG). Terapi itu merupakan bagian dari studi antibodi jangka panjang yang baru. Jika pengobatannya efektif, maka bisa mencegah angka kesakitan yang begitu parah.

“Kami tahu bahwa kombinasi antibodi ini dapat menetralkan virus,” jelas Ahli virologi University College London Hospitals (UCLH) Catherine Houlihan seperti dilansir dari Science Alert, Sabtu (2/1).

“Jadi kami berharap untuk menemukan pengobatan melalui suntikan dan dapat mengarah pada perlindungan langsung terhadap orang yang telah terpapar. Artinya antibodi ini untuk mereka yang sudah terpapar dan sudah terlambat untuk menawarkan vaksin,” tegas peneliti.

Temuan ini mungkin bukan pengobatan antibodi pertama untuk Covid-19. Contohnya, Presiden AS Donald Trump diberi antibodi monoklonal ketika dia terserang penyakit tersebut. Lalu, dia bisa sembuh dengan cepat. Tetapi perawatan antibodi tersebut diberikan kepada pasien dengan Covid-19 ringan atau sedang, yang berisiko berkembang menjadi parah.

Baca Juga :  Al Masri, Orang No 2 di Al Qaeda, Terbunuh

“Dalam uji klinis pasien dengan Covid-19, casirivimab dan imdevimab, yang diberikan bersama-sama, terbukti mengurangi rawat inap terkait Covid-19 atau kunjungan ruang gawat darurat pada pasien yang berisiko tinggi berkembangnya penyakit dalam 28 hari setelah pengobatan jika dibandingkan dengan plasebo,” kata FDA saat itu.

Khusus untuk terapi antibodi terbaru ini, disebut dengan AZD7442. Terapi ini dikembangkan oleh UCLH dan AstraZeneca, dan sedikit berbeda. AZD7442 adalah kombinasi dari dua antibodi monoklonal AZD8895 dan AZD1061, yang keduanya menargetkan domain pengikat reseptor dari protein lonjakan SARS-CoV-2.

“Dengan menargetkan wilayah protein lonjakan virus ini, antibodi dapat memblokir perlekatan virus ke sel manusia, dan, oleh karena itu, diharapkan dapat memblokir infeksi,” tulis tim tersebut di situs web US ClinicalTrials.gov.

“Substitusi asam amino telah dimasukkan ke dalam antibodi untuk memperpanjang waktu paruhnya, yang seharusnya memperpanjang manfaat profilaksis potensial dan menurunkan fungsi efektor Fc untuk mengurangi potensi risiko peningkatan penyakit yang bergantung pada antibodi,” tegas peneliti.

Antibodi adalah protein kecil berbentuk Y yang mengunci bagian tertentu disebut antigen dari virus, bakteri, atau patogen lain, dan ‘menandai’ untuk diserang oleh sistem kekebalan, atau secara langsung memblokir patogen agar tidak menyerang kita. Antibodi normal diproduksi oleh tubuh setelah infeksi, sementara antibodi monoklonal di laboratorium dan dapat disuntikkan ke orang yang sudah terinfeksi, untuk membantu sistem kekebalan dalam memerangi.

Baca Juga :  Ahli Penyakit Menular AS Sebut Covid-19 Bisa Bersifat Kronis

Para peneliti berharap terapi ini memberikan perlindungan bagi mereka yang telah terpapar virus tetapi belum memiliki gejala (OTG). Secara efektif, mereka mencoba menghentikan Covid-19 terjadi sejak awal.

“Jika Anda menghadapi wabah di lingkungan seperti panti jompo, atau jika Anda memiliki pasien yang sangat berisiko terkena Covid parah, seperti orang tua, maka ini bisa menyelamatkan banyak nyawa,” University of East Anglia Pakar penyakit menular Paul Hunter mengatakan kepada The Guardian.

“Jika Anda tinggal dengan nenek Anda yang sudah tua dan Anda atau orang lain di rumah itu terinfeksi, Anda dapat memberikan ini untuk melindunginya,” tambahnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment