Pelajar dan 4 Pekerja Sektor Kelautan di Singapura Tertular Covid-19

KalbarOnline.com – Seorang siswa Raffles Girls’ School Singapura tertular Covid-19. Dia terakhir pergi ke sekolah pada 23 Desember 2020. Pelajar itu termasuk di antara 5 kasus penularan lokal yang diumumkan pada Kamis, 31 Desember 2020.

Sang pelajar merupakan penduduk tetap. Dia merupakan satu dari dua anggota keluarga kasus 58.810. Keluarganya, penduduk tetap yang bekerja sebagai surveyor kelautan di Lloyd’s Register Singapura. Tempat tinggalnya di Ghim Moh Road. Keduanya tinggal di rumah yang sama dan telah dikarantina pada 30 Desember 2020.

Kasus komunitas ketiga adalah seorang pria Singapura berusia 55 tahun yang bekerja sebagai pilot pelabuhan di PSA Marine di West Coast Ferry Road. Dia menaiki kapal sebagai bagian dari pekerjaannya untuk menavigasi.

Baca juga: Marina Bay dan Orchard Singapura Kembali Dikunjungi Pasien Covid-19

Pria itu tidak menunjukkan gejala dan telah terdeteksi melalui pengujian rutin kementerian terhadap pekerja di sektor konstruksi dan kelautan. Kemenkes menambahkan bahwa pada 13 Desember, pria itu telah mengunjungi Parkway Parade bersama tujuh orang lainnya dan diketahui mengunjungi kerabatnya yang tinggal di dekat kediamannya di Marine Crescent.

Baca Juga :  Vaksinasi Cegah Lonjakan Covid-19

Dua kasus komunitas baru lainnya adalah seorang perempuan Singapura berusia 79 tahun yang merupakan pensiunan dan seorang pria Singapura berusia 50 tahun yang saat ini menganggur. Keduanya adalah kerabat pria berusia 55 tahun yang tinggal di Marine Crescent.

Kemenkes Singapura menambahkan bahwa semua kontak dekat yang teridentifikasi dari kasus-kasus tersebut, termasuk anggota keluarga dan rekan kerja mereka, telah diisolasi dan ditempatkan di rumah karantina. Mereka semua akan diuji di awal dan akhir masa karantina sehingga Kementerian dapat mendeteksi kasus tanpa gejala.

Kemenkes Singapura akan memulai operasi pengujian khusus untuk menguji orang-orang yang menaiki kapal baru-baru ini. Kemenkes Singapura juga akan menguji pilot pelabuhan, surveyor kelautan dan pekerja perbaikan kapal dalam beberapa hari mendatang.

Baca Juga :  Lansia 70 Tahun Boleh Divaksinasi Asal dengan Pemeriksaan Ketat

“Mengingat kasus baru-baru ini yang melibatkan sektor kelautan, kami akan meninjau kebutuhan untuk memperketat tindakan pencegahan,” kata Kementerian Kesehatan seperti dilansir Straits Times.

Peninjauan tindakan pencegahan untuk pekerja di sektor kelautan dilakukan setelah pihak berwenang memperketat langkah-langkah keselamatan untuk awak maskapai.

Lima kasus di masyarakat yang diumumkan pada Kamis merupakan angka harian tertinggi sejak 30 Agustus. Kemenkes Singapura juga mengumumkan Pusat Makanan dan Pasar Melayu Geylang Serai, Kampong Glam Cafe di Bussorah Street dan New Hawa Restaurant di Changi Road adalah beberapa tempat yang dikunjungi oleh pasien Covid-19 saat mereka masih bisa menularkan virus.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment