Mengungkap Isi Surat Kim Jong Un Sambut Tahun Baru 2021

KalbarOnline.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyambut tahun baru 2021 dengan menulis sepucuk surat untuk warganya. Dia juga mengunjungi makam ayah dan kakeknya. Kim lebih memilih menulis surat dengan tangan ketimbang harus berpidato.

“Dalam surat itu, Kim mengucapkan terima kasih kepada orang-orang karena telah mempercayai dan mendukung partai yang berkuasa bahkan di masa-masa sulit,” demikian laporan kantor berita negara KCNA.

Dilansir dari Aljazeera, Jumat (1/1) pemimpin Korea Utara itu sebelumnya telah meminta maaf karena gagal memenuhi janji perbaikan ekonomi dan atas kesulitan yang dialami warga akibat sanksi internasional. Apalagi dunia juga dilanda pandemi yang mendorong langkah-langkah ketat untuk mencegah wabah virus Korona.

Baca Juga :  Menlu: WNA Wajib Ikuti 3 Aturan Jika Tiba Sebelum 1 Januari

“Di tahun baru juga, saya akan bekerja keras untuk membawa keinginan rakyat akan menjadi kenyataan,” tulis Kim menurut KCNA.

Korea Utara selama pandemi mengatakan tidak memiliki kasus virus Korona yang dikonfirmasi. Meski para pejabat di Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan hal itu tidak mungkin terjadi.

Ekonomi negara itu telah tertekan oleh penguncian perbatasan yang diberlakukan sendiri dan langkah-langkah keras lainnya untuk mencegah wabah. Berbeda dengan banyak negara lain di dunia, kerumunan besar orang merayakan tahun baru dengan konser dan pertunjukan kembang api. Perayaan di Korut, kebanyakan dari mereka yang berkumpul di alun-alun utama ibu kota Pyongyang mengenakan masker.

Baca Juga :  Pejabat Korsel Tewas Ditembak, Pemimpin Korut Kim Jong Un Minta Maaf

Saat jam menunjukkan tengah malam, Kim, serta para pemimpin senior lainnya mengunjungi Istana Matahari Kumsusan, dimana jenazah ayah dan kakeknya disimpan di dalam kaca. Kim juga didampingi oleh delegasi Kongres Partai Kedelapan, pertemuan politik langka yang akan diadakan awal bulan ini.

Kim diharapkan menggunakan kongres tersebut untuk mengumumkan rencana ekonomi lima tahun ke depan. Lalu membuat perubahan kepemimpinan, dan membuat pernyataan politik lainnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment