Marina Bay dan Orchard Singapura Kembali Dikunjungi Pasien Covid-19

KalbarOnline.com – Kementerian Kesehatan Singapura kembali mengumumkan tempat-tempat yang sempat dikunjungi pasien Covid-19. Terutama selama sepekan terakhir pada 21 Desember hingga 28 Desember 2020 saat libur Natal dan Tahun Baru. Sedikitnya ada 3 mal dan pusat makanan serta restoran yang dikunjungi pasien Covid-19 yang masih bisa menularkan virus.

Dilansir dari Channel News Asia, Jumat (1/1), tiga pusat perbelanjaan, beberapa restoran, supermarket Clementi, dan Pasar Ghim Moh, serta pusat makanan ditambahkan ke daftar tempat umum yang dikunjungi oleh pasien Covid-19 saat berada di masa penularan. Ketiga mal tersebut adalah Orchard Gateway di Orchard Road, Takashimaya Shopping Center, dan Tanjong Pagar Center.

Outlet Vision Lab Eyewear di Tanjong Pagar Center dikunjungi pada 22 Desember 2020, sedangkan restoran Supply & Demand di Orchard Gateway dan Books Kinokuniya di Takashimaya dikunjungi pada 25 Desember 2020. Juga ada dalam daftar 4 restoran di sekitar Singapura yakni The Windsor Arms di British Club dikunjungi pada 21 Desember 2020; Renku Bar & Lounge di Marina Bay Sands pada 23 Desember 2020; outlet Pantai Timur Picotin pada 24 Desember 2020; dan Restoran Korea HoHo di Clementi pada 26 Desember 2020.

Baca Juga :  Meski Nol Kasus Penularan Lokal, OTG Covid-19 Masih Ancam Singapura

Pasar dan Pusat Makanan Ghim Moh muncul dua kali dalam daftar, dikunjungi pada 26 Desember 2020 dan 28 Desember 2020.

Dua lokasi baru yang tersisa adalah kompleks industri Mega di Woodlands Close, yang dikunjungi pada 25 Desember 2020, dan Grindelwald Supermarket di Clementi, dikunjungi pada 26 Desember 2020. Sebanyak 10 lokasi ditambahkan ke daftar.

Mereka yang diidentifikasi sebagai kontak dekat dari kasus yang dikonfirmasi sudah diberitahu oleh Kemenkes. Sebagai tindakan pencegahan, individu yang berada di lokasi ini selama waktu yang ditentukan harus memantau kesehatan mereka dengan cermat selama 14 hari sejak tanggal kunjungan mereka.

Baca Juga :  Warga Usia 101 Tahun Yang Pertama Divaksin Covid-19 di Jerman

“Mereka harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala infeksi saluran pernapasan akut (seperti batuk, sakit tenggorokan dan pilek), serta demam dan kehilangan rasa atau bau, dan menginformasikan kepada dokter tentang riwayat paparannya,” tegas Kemenkes.

Individu dapat mengakses layanan Pemeriksaan Mandiri Pencocokan Lokasi SafeEntry melalui Aplikasi TraceTogether atau SingPass Mobile, atau secara online untuk memeriksa apakah mereka berada di lokasi ini selama waktu yang ditentukan, berdasarkan catatan SafeEntry mereka sendiri. Masyarakat tidak perlu menghindari tempat-tempat di mana kasus Covid-19 yang dikonfirmasi telah terjadi.

“Badan Lingkungan Nasional akan melibatkan manajemen tempat yang terkena dampak untuk memberikan panduan tentang pembersihan dan desinfeksi,” demikian pernyataan dari Kemenkes Singapura.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment