by

Juara Dunia Kelas Welter Nomor 1, Sang Monster Jepang Nomor 3

KalbarOnline.com-Setelah setahun absen, Terence Crawford kembali naik ring pada 15 November 2020 WIB. Hasilnya benar-benar tidak mengecewakan. Crawford berhasil mengalahkan penantangnya asal Inggris Kell Brook dalam pertarungan di MGM Grand Conference Center, Las Vegas.

Crawford menang lewat KO pada ronde keempat. Selain berhasil mempertahankan sabuk juara kelas welter WBO, kemenangan tersebut adalah kemenangan KO kedelapan secara beruntun dari Crawford.

Catatan rekor Crawford sangat impresif. Bertarung 37 kali, dia menyapu bersih semua laga itu dengan kemenangan. Sebanyak 28 duel, sukses Crawford selesaikan dengan kemenangan KO.

Baca Juga: Tiongkok Mundur, Indonesia Merasa Muncul Sisi Positif dan Negatif

Selain itu, Crawford berhasil menjadi penguasa sabuk juara WBC, WBO, The Ring, dan WBA (Super), serta IBF kelas welter ringan. Karena dominasi luar biasanya itu, Crawford tetap berada di puncak daftar petinju terbaik dunia dari semua kelas yang ada (pound-for-pound) versi ESPN.

Menurut penulis tinju ESPN Ban Baby, sampai Crawford bertemu dengan petarung elite kelas welter lainnya, tidak ada petinju di dunia ini yang berhak berada di puncak daftar pound-for-pound selain dirinya.

“Crawford adalah contoh nyata bagaimana seorang petarung yang secara meyakinkan ada di puncak pound-for-pound dunia. Bulan lalu, dia berhasil mengalahkan Kell Brook dengan sangat dominan,” tulis Baby. “Dalam laga yang sangat diantisipasi itu, Crawford benar-benar dominan,” imbuhnya.

Berada di posisi kedua adalah superstar asal Meksiko Saul ‘Canelo’ Alvarez. Pada 20 Desember lalu, Alvarez mengalahkan petinju asal Inggris Callum Smith.

Saul Canelo Alvarez (kiri) mengalahkan Callum Smith. (DAZN Boxing)

Kemenangan itu membuat Alvarez merebut sabuk juara dunia kelas menengah super WBA (Super), WBA, dan The Ring.

Alvarez menang lewat keputusan mutlak juri dalam 12 ronde. Memang, dia gagal menang KO. Tetapi Alvarez tetap menunjukkan kualitasnya sebagai petinju dengan skill dan kemampuan teknis yang sangat luar biasa.

Kel Dansby, editor media sosial spesialisasi olahraga pertarungan ESPN bahkan mengatakan bahwa Alvarez sangat layak berada di posisi pertama. Alasannya, kualitas lawan-lawan Alvarez berada di atas Crawford.

Sebagai catatan, rekor Alvarez tidak sempurna. Bertarung 57 kali, Alvarez menang 54 kali. Dua laga berakhir imbang, sedangkan satu pertarungan melawan Floyd Mayweather Jr pada 14 September 2013 berujung dengan kekalahan angka tipis.

“Walaupun Crawford mencatat kemenangan TKO luar biasa melawan Brook, namun Alvarez bagi saya tetap menjadi petinju nomor satu dalam urusan pound-for-pound. Alasannya, jejak pertarungannya lebih luar biasa,” kata Dansby.

“Walaupun rekornya tidak sempurna, satu-satunya kekalahan Alvarez terjadi saat dia melawan petinju hebat lainnya Floyd Mayweather. Sekarang, Alvarez menegaskan dirinya sebagai petinju terkuat dari semua kelas yang dia jelajahi,” imbuhnya.

Sang Monster asal Jepang Naoya Inoue juga mencatat hasil solid pada 2020. Inoue mengalahkan Jason Moloney lewat KO pada ronde ketujuh pada 1 November di MGM Grand Conference Center, Las Vegas. Pertarungan itu adalah debut Inoue di Las Vegas.

Walau berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas bantam WBA (Super), IBF, dan The Ring, namun Inoue gagal menggusur Alvarez dari posisi nomor dunia dalam daftar.

Petarung lain yang mendapatkan perhatian besar pada 2020 adalah Gervonta Davis. Meskipun sukses menang KO dengan dahsyat pada ronde keenam atas Leo Santa Cruz, namun Davis gagal masuk dalam daftar 10 besar.

Tetapi, dengan gelar juara dunia di dua kelas berbeda yakni kelas ringan WBA dan kelas bulu WBA (Super), para analis ESPN meyakini bahwa masuknya Davis ke peringkat 10 besar, hanya tinggal menunggu waktu.

Daftar 10 Besar Petinju Terbaik Dunia
(Bulan November dan Desember 2020 versi ESPN)

1. Terence Crawford (Juara Dunia Kelas Welter)
2. Saul Canelo Alvarez (Juara Dunia Kelas Menengah)
3. Naoya Inoue (Juara Dunia Kelas Bantam)
4. Errol Spence Jr (Juara Dunia Kelas Welter)
5. Teofimo Lopez (Juara Dunia Kelas Ringan)
6. Vasiliy Lomachenko (Mantan Juara Dunia Kelas Ringan)
7. Oleksandr Usyk (Juara Dunia Kelas Penjelajah)
8. Tyson Fury (Juara Dunia Kelas Berat)
9. Juan Francisco Estrada (Juara Dunia Kelas Bantam Junior)
10. Gennadiy Golovkin (Juara Dunia Kelas Menengah)

Comment

Terbaru