Semangat Bangun Asrama Haji Banten, Walikota Tangerang Tawarkan Kemenag Dua Lokasi Ini

KalbarOnline.com – Rencana Kementerian Agama untuk membangun asrama haji di Provinsi Banten disambut oleh Pemerintah Kota Tangerang. Walikota Tengerang Arief R Wismansyah mengatakan pihaknya serius untuk membangun asrama haji dan karenanya siap untuk menyediakan tanah yang dipersyaratkan.

Hal ini disampaikan oleh Arief saat bertemu Sekjen Kemenag Nizar Ali di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. Audiensi ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya, tepatnya saat peresmian gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kota Tangerang, 21 Desember 2020.

“Terimakasih Pak Sekjen, telah meluangkan waktunya. Kedatangan kami ke sini, untuk menindaklanjuti kehadiran Pak Sekjen beberapa waktu lalu di Kota Tangerang. Ini sudah menjadi cita-cita bersama sejak lama, ingin mewujudkan asrama Haji di Kota Tangerang. Dari dulu, belum terwujud, dan masalahnya terkait lahan,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, di Jakarta, kemarin.

Menurut Arief R Wismansyah, keberadaan Asrama Haji di Kota Tangerang akan sangat membantu masyarakat saat penyelenggaraan haji. “Ini sangat membantu masyarakat Tangerang, jika asrama haji ini terwujud,” kata Arief R Wismansyah.

Baca Juga :  Hari Aids Sedunia, Enos Ajak Masyarakat Bersatu Jaga Kesehatan

Arief R Wismansyah menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan dua pilihan lahan pembangunan Asrama Haji di Kota Tangerang, yaitu: di daerah Modernland dan Alam Sutra. Dari dua pilihan itu, Arief R Wismansyah mengaku lebih memilih daerah Modernland.

“Ini gambaran lahannya di modernland, Pak Sekjen,” kata Arief R Wismansyah sembari memberikan gambar setplan kepada Sekjen Kemenag Nizar.

Dikatakan Arief R Wismansyah, daerah Modernland memang dibelah oleh jalan tol. Namun, kawasan itu sangat strategis untuk dibangun Asrama Haji.

Sekjen Kemenag Nizar menyambut baik kehadiran Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. “Terimakasih Pak Wali Kota. Kami sangat senang nantinya di Kota Tangerang ada asrama haji. Dan ini menjadi penantian masyarakat Banten untuk memiliki Asrama Haji, jemaah haji nantinya tidak perlu lagi ke Asrama Haji Pondok Gede,” kata Nizar.

Sebelumnya, Sekjen Kemanag, Nizar mengatakan, keberadaan asrama haji sangat baik dan ditunggu masyarakat. Asrama haji bisa ikut mendongkrak potensi ekonomi masyarakat. Selain itu, asrama haji juga bisa terintegrasi dengan kampung haji, desa kerukunan, kampung zakat, dan lainnya. “Keberadaan asrama haji manfaatnya besar. Tidak hanya untuk penyelenggaraan haji saja,” tegas dia sebelumnya.

Baca Juga :  Benarkah Obat Anti-Malaria Bisa Atasi Virus Corona?

Harapan adanya asrama haji disampaikan Kankemenag Kota Tangerang Badri Hasun. Menurutnya, jemaah berharap pemulangan haji tidak lagi harus ke asrama haji Pondok Gede, tapi bisa langsung ke asrama haji Provinsi Banten. Dia berharap lokasinya di Kota Tangerang. “Asrama Haji Banten sudah lama teranggarkan. Namun terkendala pengadaan tanah. Semoga akan dibantu oleh Walikota Tangerang,” ujarnya.

Harapan ini disambut Walikota Tengerang Arief R Wismansyah. Menurutnya, ide asrama haji sudah lama, sejak dirinya menjabat Wakil Walikota. Namun, masih terkendala lahan. “Insya Allah, minggu-minggu ini saya perjuangkan. Kita punya lahan 12 hektar di modernland. kita akan pelajari denahnya,” tutur Arief sebelumnya.

“Informasi dari Pak Sekjen, kalau ada lima hektar bisa kita berdayakan. hari ini kita panggil tim untuk melakukan pengecekan. Semoga bisa segera dibangun asrama haji,” tandasnya. [ind]

Comment